in: Events - News | June 19, 2014 | by: Gatot Tri Yuwono

Gigabyte Computex 2014: Ultra Durable Black Berikan Standar Baru Untuk Daya Tahan Motherboard

gigabyte computex 2014 ultra durable black logo

Hadirnya platform desktop generasi terbaru dari Intel disambut baik oleh sejumlah produsen motherboard tidak terkecuali Gigabyte. Tidak hanya menggelontorkan sejumlah model motherboard terbaru dari seri Ultra Durable, Gaming, dan Overclocking, Gigabyte memberikan kejutan dengan memperkenalkan seri terbaru produk motherboard mereka bernama Ultra Durable Black. Lalu kelebihan apakah yang ditawarkan seri Ultra Durable Black dibandingkan seri Ultra Durable sebelumnya?

gigabyte computex 2014 ultra durable black test method

gigabyte computex 2014 ultra durable black test facility

Berbeda dengan motherboard Gigabyte seri Ultra Durable, motherboard Ultra Durable Black telah melalui serangkaian stress test selama 168 jam secara terus-menerus, untuk menjamin kualitas terbaik setiap motherboard sebelum sampai ke tangan konsumen. Setelah melalui tahap produksi, setiap motherboard Gigabyte seri Ultra Durable Black diharuskan lolos tanpa cela sedikitpun pada serangkaian stress test tersebut, sebelum akhirnya didistribusikan ke seluruh dunia. Gigabyte telah menyediakan sebuah fasilitas khusus pada pabrik mereka di wilayah Nan-Ping, Taiwan untuk melakukan serangkaian stress test tersebut. Fasilitas tersebut memiliki kemampuan untuk menampung hingga 3000 motherboard sekaligus.

gigabyte computex 2014 ultra durable black certificate

Di setiap kemasan motherboard seri Ultra Durable Black, disertakan sebuah sertifikat yang ditandatangani langsung oleh Dr. Kevin Meng, Gigabyte Manufacturing Business Unit VP and GM, sebagai tanda motherboard telah lulus melalui serangkaian stress test yang berlangsung selama satu minggu non-stop.

Hingga saat ini terdapat tiga buah model motherboard Gigabyte seri Ultra Durable Black seperti dapat dilihat di bawah ini.

Gigabyte Z97X-UD3H-BK

gigabyte computex 2014 z97x-ud3h-bk

Z97X-UD3H-BK menjadi model paling ekonomis dari motherboard Gigabyte seri Ultra Durable Black. Seperti motherboard dengan chipset Intel seri 9 lainnya, Z97X-UD3H-BK mendukung prosesor Intel Haswell, Haswell Refresh, dan juga Devil Canyon. Tidak hanya itu, motherboard ini juga telah dilengkapi port SATA Express dan M.2 untuk mengakomodir storage dengan kemampuan transfer rate di atas SATA III (6 Gbps).

Z97X-UD3H-BK menggunakan konfigurasi 8-phase power design untuk CPU. Sementara itu untuk memori, motherboard mampu menampung kapasitas hingga 32 GB dan kecepatan hingga 3100 MHz. Sedangkan untuk slot ekspansi, tersedia tiga slot PCIe x16, tiga slot PCIe x1, dan sebuah slot PCI. Tentu saja motherboard ini telah menyediakan dukungan konfigurasi multi-GPU AMD CrossfireX dan NVIDIA SLI. Untuk solusi audio dan networking, motherboard ini mengandalkan chip buatan Realtek dan Intel.

Untuk menjamin durabilitas terbaik untuk Z97X-UD3H-BK, Gigabyte menanamkan komponen Ultra Durable seperti 2X Copper PCB, 10K Durable Black Solid Caps, dan juga 5x (15μ) Gold Plated CPU Socket Design.

Gigabyte Z97X-UD5H-BK

gigabyte computex 2014 z97x-ud5h-bk

Berada satu tingkat di atas Z97X-UD3H-BK terdapat Z97X-UD5H-BK. Motherboard kelas tengah dari seri Ultra Durable Black ini memang memiliki kemiripan feature dengan tipe UD3H. Akan tetapi untuk membedakan dengan model paling ekonomis, tipe UD5H mendapatkan penambahan pada sejumlah komponen.

Beberapa di antaranya adalah penggunaan konfigurasi 12-phase power design untuk CPU, heatsink VRM yang dilengkapi heatpipe, jumlah port SATA II 6Gbps lebih banyak, penambahan onboard button beserta Debug LED, penambahan slot PCI menjadi dua buah, dan penggunaan chip Killer E2200 dan Intel untuk solusi networking.

Gigabyte Z97X-Gaming G1 WIFI-BK

gigabyte computex 2014 z97x-gaming g1 wifi-bk

Z97X-Gaming G1 WIFI-BK merupakan model tertinggi dari motherboard Gigabyte seri Ultra Durable Black serta G1 Gaming. Diposisikan sebagai motherboard gaming, Z97X-Gaming G1 WIFI-BK memang datang dengan setumpuk feature untuk memanjakan gamer yang menggunakannya. Sebut saja penggunaan chip audio quad-core Creative Sound Core 3D yang dipadukan dengan kapasitor audio Nichicon dan juga komponen OP-AMP. Sementara itu untuk solusi networking, Gigabyte menanamkan chip Killer E2200 dan juga Intel. Motherboard ini juga menyediakan solusi wireless networking Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac dan Bluetooth 4.0. Tidak ketinggalan solusi multi-GPU AMD CrossfireX dan NVIDIA SLI dengan empat buah graphics card. Z97X-Gaming G1 WIFI-BK menggunakan konfigurasi 8-phase power design untuk CPU. Sementara itu, untuk memori, motherboard mampu menampung kapasitas hingga 32 GB dan kecepatan hingga 3200 MHz.

Gigabyte sendiri menawarkan sejumlah keuntungan bagi pemilik motherboard seri Ultra Durable Black. Di antaranya adalah masa garansi lebih lama dibandingkan motherboard Gigabyte lainnya, yaitu selama 5 tahun. Tidak hanya itu, dengan mendaftarkan motherboard tersebut ke website Gigabyte, pengguna berkesempatan memenangkan sejumlah lucky draw yang terbagi ke dalam beberapa periode. Informasi lebih lengkap mengenai hal tersebut dapat dilihat pada halaman ini.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES