in: Events - News | June 5, 2014 | by: Gatot Tri Yuwono

Gigabyte Tampilkan Cooling VGA Terbaru, Windforce 600W & Waterforce

Perhelatan Computex 2014 memang menjadi momen tepat bagi sejumlah produsen hardware komputer untuk memperkenalkan produk terbaru yang telah dilengkapi teknologi terkini dan hal tersebut juga berlaku pada Gigabyte. Tidak hanya memperkenalkan sejumlah model motherboard G1 Gaming Series saja, tetapi ternyata Gigabyte juga memperkenalkan produk graphics card terbaru yang mereka miliki. Sistem pendingin generasi terbaru dengan kemampuan lebih baik tampaknya menjadi fokus mereka di ajang pameran IT nomor dua terbesar di dunia tahun 2014 kali ini.

gigabyte @computex2014_day2 01

Gigabyte memperkenalkan sistem pendingin graphics card generasi terbaru mereka bernama Waterforce. Sesuai dengan namanya, sistem pendingin tersebut menggunakan media cairan untuk mendinginkan chip GPU. Waterforce sendiri merupakan liquid cooling system tipe close loop sehingga memudahkan dalam perawatan dimana tidak lagi diperlukan penggantian cairan pendingin.

gigabyte @computex2014_day2 03

gigabyte @computex2014_day2 02

 

Sistem pendingin Waterforce terdiri dari tiga buah graphics card dan modul pendingin yang dapat ditempatkan di atas casing komputer. Di dalam modul pendingin terdapat tiga buah radiator 120 mm, di mana setiap radiator menangani satu graphics card. Untuk melepaskan panas dari radiator, Waterforce menggunakan tiga buah kipas 120 mm dengan rating kecepatan 1,25 A. Sementara itu untuk graphics card menggunakan GeForce GTX 780 Ti dengan spesifikasi clock GPU 1085 MHz dan clock memori 7000 MHz. Spesifikasi seperti itu juga pernah digunakan pada produk Gigabyte GTX 780 Ti GHz Edition yang pernah kami review sebelumnya.

gigabyte @computex2014_day2 04

Menariknya modul pendingin Waterforce menyediakan sejumlah tombol untuk melakukan pengaturan pada kecepatan kipas dan kecepatan pompa dalam mengalirkan cairan pendingin. Pengaturan dapat dilakukan secara bersamaan atau terpisah untuk setiap graphics card. Sistem pendingin Waterforce sendiri dijual dalam satu paket yang terdiri dari tiga buah GeForce GTX 780 Ti dan modul pendingin dengan tiga buah radiator di dalamnya. Tampaknya produk graphics card Gigabyte dengan Waterforce ini mengharuskan pengguna untuk mempersiapkan sistem dengan kemampuan menangani konfigurasi multi-GPU 3-Way SLI.

gigabyte @computex2014_day2 06

Selain Waterforce, Gigabyte juga memperkenalkan sistem pendingin Windforce terbaru mereka dengan kemampuan disipasi panas hingga 600 Watt. Seperti kita ketahui, Windforce generasi sebelumnya telah memiliki kemampuan disipasi panas hingga 450 Watt. Dengan kemampuan terbaru tersebut, graphics card Gigabyte dengan Windforce 600W tersebut mampu beroperasi pada spesifikasi clock tinggi dengan temperatur kerja tetap pada batas normal. Pengujian kami pada Gigabyte GTX 780 Ti GHz Edition dengan Windforce 450W beberapa waktu lalu memang menunjukkan hasil memuaskan. Temperatur graphics card tetap terjaga di bawah angka 80 °C pada kondisi full load. Dengan kemampuan tersebut, tentu saja kami berharap Windforce 600W mewariskan kemampuan yang telah dimiliki Windforce 450W.

gigabyte @computex2014_day2 05

gigabyte @computex2014_day2 07

Sistem pendigin Windforce 600W masih dilengkapi tiga buah kipas seperti Windforce 450W. Akan tetapi tampaknya terdapat perubahan pada desain permukaan bilah kipas. Windforce 600W juga dilengkapi enam buah heatpipe tembaga seperti Windforce 450W tetapi dengan diameter yang lebih besar.

gigabyte @computex2014_day2 08
Inilah GeForce GTX TITAN Black dengan Windforce 600W

Untuk saat ini belum diketahui model graphics card Gigabyte apa saja dengan sistem pendingin Windforce 600W. Akan tetapi saat kami berkunjung ke booth mereka, Windforce 600W digunakan untuk menjinakkan graphics card GeForce GTX TITAN Black dengan spesifikasi clock GPU 1006 MHz, boost clock GPU 1111 MHz, dan clock memori 7000 MHz.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES