in: News | June 2, 2014 | by: Ozal

Intel Gandeng Rockchip Bikin Chip Tablet 3G Murah

Intel siap gantikan prosesor berbasis ARM di pasar perangkat tablet Android murah dengan chip buatannya berarsitektur x86. Raksasa chip tersebut baru saja menjalin kesepakatan dengan pembuat chip asal Tiongkok, Rockchip guna memproduksi chip berarsitektur x86 yang terintegrasi dengan chip modem jaringan 3G.

intel tablet

CEO Intel, Brian Krzanich mengatakan, chip bakal disokong empat inti (quad-core) dengan basis chip terbaru Intel SoFIA. Rencananya, chip mulai dikirimkan ke sejumlah OEM pada semester pertama tahun depan. Krzanich menegaskan, chip tersebut akan disematkan ke dalam tablet enty-level yang dijual mulai dari US$ 100.

Langkah ini merupakan strategi jitu dari Intel guna merayu ratusan pembuat tablet di Tiongkok yang mereknya kurang diakui pasar, tetapi punya volume penjualan global yang tinggi. Terlebih, kehadiran Rockchip bisa mendekatkan Intel ke kliennya yang mayoritas berasal dari Tiongkok.

Selama ini, sebagian besar prosesor buatan Rockchip berbasis arsitektur dari ARM. Tablet yang mengadopsi chip Rockchip pun dibanderol cukup murah, salah satunya tablet FileMate Clear X2 7. Tablet tersebut yang dijual sekitar US$ 110 hingga US$ 130 di Walmart.

Sejumlah analis memandang, kehadiran Intel di Rockchip bukan hanya dari segi harga chip yang murah, namun akan memberikan kinerja chip yang tak bisa dipandang sebelah mata. “Jika tablet murah, kemungkinan chip Intel bakal bisa bersaing dengan ARM“, kata Dean McCarron, analis dari Mercury Research.

intel tablet 3

Sementara itu, Phil Hughes, juru bicara ARM mengatakan, ARM akan menghadapi kompetisi yang datang dari Intel secara serius. “Ekosistem ARM terus menawarkan portofolio yang paling terintegrasi dan mengoptimalkan system-on-chip di semua lini harga dan sistem operasi, serta rute yang paling efektif untuk pasar ponsel“, imbuhnya.

Sumber: Computer World

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES