in: News - Otomotif | June 1, 2014 | by: Ozal

Intel Luncurkan Kit Hardware dan Software untuk Mobil

Salah satu perusahaan raksasa pembuat microchip, Intel, tampaknya akan mulai menjajaki pasar pasar otomotif. Pihaknya baru saja mengumumkan lineup produknya yang dikhususkan untuk pasar mobil terhubung atau connected-car.

intel mobil

Intel menyebut lini baru produknya itu, bernama “Intel In-Vehicle Solution”, seperti dilansir dari Computer World. Sejumlah produk yang masuk dalam lineup tersebut di antaranya chip, disk drive, layar sentuh 11,6 inci, dan software kit-development yang terintegrasi dengan sistem operasi dan middleware.

Paket produk ini dirancang guna membantu produsen mobil dan pemasoknya, menggabungkan teknologi mobil yang lebih cepat dan kemudahan akses fitur di dalam mobil (driverless) seperti yang diinginkan konsumen, namun memiliki biaya pengembangan lebih murah. Fokus Intel di dalam bisnis tersebut tak lepas dari konsep Internet of Things atau segala sesuatu yang bisa terhubung dengan internet, termasuk aktivitas komunikasi di dalam mobil.

intel mobil

Belum lama ini, Intel sudah menjual chip ke sejumlah produsen mobil ternama seperti BMW, Nissan, dan Hyundai. Chip buatannya itu khusus disematkan ke dalam sistem hiburan yang ada di mobil. Selain itu, Intel juga ikut mendanai sejumlah proyek mobil otomatis (self-driving car) ke beberapa perusahaan robotika, salah satunya ZMP dari Jepang. Baru-baru ini, pihaknya juga sudah mengadopsikan teknologi McAfee miliknya guna mengamankan mobil terhubung dan otomatis  dari serangan hacker.

Intel bukan satu-satunya raksasa chip yang ikut bermain di pasar otomotif. NVIDIA belum lama ini dilaporkan juga telah mengembangkan mobil otomatisnya. Pihaknya ingin membawa sejumlah kemampuan komputasi akselerasi mobil, sistem hiburan, navigasi, hingga pengenalan gambar ke dalam teknologi mobil otomatis yang didukungnya.

Sumber: Computer World

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES