in: News | June 8, 2014 | by: Ozal

Pangsa Pasar Windows 8.1 Akhirnya Lampaui Windows 8

Pangsa pasar sistem operasi PC terbaru dari MIcrosoft, Windows 8.1 akhirnya untuk pertama kali berhasil melampaui Windows 8, menurut data per Mei 2014 yang dikeluarkan oleh NetMarketShare.

windows

NetMarketShare mencatat, saat ini pangsa pasar Windows 8.1 yang terpasang di komputer desktop di seluruh dunia telah mencapai 6,35 persen. Sedangkan Windows 8 yang sudah berumur lebih dari dua tahun itu menyusut menjadi 6,29 persen.

Dengan demikian secara gabung pasaran, Windows 8 termasuk versi 8.1 sudah menyentuh angka hampir 13 persen. Windows 8/8.1 masih berada di posisi ketiga di antara keluarga Windows lainnya. Di posisi pertama masih ditempati Windows 7 yang mencapai 50 persen. Yang cukup mengejutkan, Windows XP yang kini tak lagi didukung Microsoft masih memiliki porsi pasar 25.27 persen. Bagi Microsoft, keberadaan XP ini cukup mengganggu peredaran pasar OS terbarunya.

Meski sekarang pangsa pasar Windows 8.1 telah melebihi pendahulunya, tetapi kondisi ini cukup ironis karena pertumbuhannya yang begitu lambat. Windows 8.1 sendiri diluncurkan pertama kali pada Oktober 2013 lalu. Pengguna Windows 8 pun bisa mendapatkan upgrade 8.1 secara gratis. Hal ini seolah mengindikasikan, pengguna Windows 8 yang menopang lebih dari enam persen pangsa pasar itu masih enggan melakukan upgrade OS meski dikasih gratis.

Secara keseluruhan sistem operasi PC, pangsa pasar Windows  selama lebih dari satu dekade terakhir tetap memuncaki pasar dengan perolehan 90.99 persen atau naik sekitar 1 persen. Sedangkan Apple melalui OS X-nya justru berkurang sebesar 0,23 persen menjadi 7,39 persen.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES