in: News | June 11, 2014 | by: Ozal

Peneliti Kembangkan Permukaan Antipecah untuk Layar Sentuh

Pelindung layar sentuh antigores pada smartphone yang disediakan sejumlah vendor glass ternama belum tentu menjamin daya tahan layar dari benturan keras atau terjatuh dari tempat dengan ketinggian tertentu. Maka dari itu dibutuhkan material kaca yang lebih kuat lagi agar kaca atau glass pada layar benar-benar bisa antipecah.

Baru-baru ini, sekelompok peneliti dari Universitas of Akron, Amerika Serikat tengah mengembangkan sebuah kaca layar sentuh yang tidak dapat pecah.

kaca

Yu Zhu, salah seorang peneliti polimer dari University of Akron mengatakan, pihaknya tengah berupaya mengembangkan lapisan transparan elektroda pada permukaan polimer pelapis bagian luar agar lebih kuat lagi namun memiliki material yang fleksibel.

Selama ini, pelapis pada layar sentuh umumnya terbuat dari material Indium Tin Oxide (ITO) yang sebenarnya lebih rapuh, dan memiliki biaya produksi yang mahal. Adapun salah satu kelebihan dari ITO sendiri mampu membuat layar menjadi bening, namun ketika terbentur dengan keras, layar akan pecah, layaknya kaca biasa.

“Teknologi kami dapat menggantikan ITO dengan kaca transparan konduktif yang hemat biaya dan fleksibel. Kaca ini memberikan kemampuan transparansi yang sama dengan ITO namun menawarkan konduktivitas (kemampuan menghantar panas) yang lebih besar,” ujar Zhu yang juga merupakan seorang asisten profesor di universitas tempatnya bekerja.

Material kaca layar hasil pengembangannya itu telah diuji sebanyak 1.000 kali dengan cara dilekukkan,dan berhasil mempertahankan bentuk asli seperti semula, tanpa retak sedikit pun. Menurutnya, hal ini bisa merevolusi dan mengganti material kaca pada layar sentuh konvensional.

“Kami berharap, kaca ini muncul di pasar sebagai pesaing ITO sejati. Masalah menjengkelkan akibat layar smartphone yang retak dapat diselesaikan dengan layar sentuh fleksibel ini,” ungkap Zhu seperti dilansir dari Gadget NDTV.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES