in: News | June 27, 2014 | by: Ozal

Pengguna OneDrive Dapat Tambahan 8GB Storage Gratis

OneDrive, cloud storage milik Microsoft, terus mendapatkan persaingan berat terutama dari Google Drive. Maka dari itu, untuk bersaing dengan Google dan sejumlah pemain lainnya, pihaknya berencana akan meningkatkan lebih dari dua kali lipat kapasitas cloud storage gratis ke pengguna OneDrive dalam waktu dekat ini.

onedrive

Mulai Juli mendatang, pengguna OneDrive akan mendapatkan kapasitas storage secara gratis hingga 15GB dari semula yang hanya 7GB. Sebelumnya, Google juga sudah terlebih dahulu meningkatkan kapasitas storage gratis Google Drive menjadi 15GB.

Selain itu, Microsoft juga telah menurunkan biaya langganan storage berkapasitas 100GB dari awalnya US$ 7,49 per bulan menjadi US$ 1,88. Sedangkan untuk kapasitas 200GB juga diturunkan dari US$ 11,49 menjdi US$ 3,99 per bulan. Skema penurunan harga ini akan berlaku mulai bulan depan.

Pengguna perangkat Windows 8/8.1 maupun Windows Phone bakal makin diuntungkan dengan adanya penawaran tersebut. Ini mengingat OneDrive telah menjadi aplikasi yang terpasang secara default di kedua platform. Jadi, tak perlu repot-repot mendaftar maupun mengunduh aplikasi OneDrive.

Layanan cloud storage Microsoft bukan hanya OneDrive, pihaknya juga memiliki Office 365. Penawaran menarik yang diberikan Microsoft di OneDrive juga diberikan ke pengguna Office 365. Kapasitas storage pelanggan individu Office 365 ditingkatkan dari 20GB menjadi 1TB dengan harga hanya US$ 6,99 per bulan. Sebelumnya, kapasitas 1TB hanya ditawarkan untuk pelanggan bisnis atau korporat saja.

onedrive 3

Beberapa keuntungan yang bisa didapat dari layanan gratis yang disediakan sejumlah raksasa teknologi ini ialah bebas iklan dan adware, kecepatan upload dan download tidak dibatasi, serta sinkronisasi cloud storage ke file manager PC.

Layanan storage cloud sendiri dipercaya bisa menopang pertumbuhan keuntungan sejumlah raksasa teknologi. Bahkan, Acer dan Asus juga tengah memfokuskan bisnisnya di layanan tersebut, di saat bisnis PC tengah menghadapi pergolakan pasar yang begitu berat.

Periset Forester pun memprediksikan, pasar cloud storage global bakal bernilai lebih dari US$ 241 miliar dalam beberapa tahun mendatang atau meningkat dari 2011 silam yang hanya US$ 30,3 miliar. Ketika masa itu terjadi, Jepang akan menjadi pasar terbesar, lalu diikuti oleh China. Sementara pemain besar yang menguasai bisnis tersebut, didominasi oleh Amazon, Google, dan Salesforce.

Sumber: OneDrive Blog

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES