10 Film Animasi Jepang Teman Anak Sepanjang Liburan

Reading time:
July 27, 2014
bannerjudul

Mendengar kata “anime”, sebagian orang pasti akan langsung teringat akan film animasi dari Jepang. Istilah “anime” sendiri merupakan kata serapan dari “animation” yang artinya sama, yaitu film animasi atau secara mudahnya adalah film kartun.

Film animasi Jepang sendiri memiliki ciri khas tersendiri yang membuatnya dapat dibedakan secara langsung dengan film animasi Barat. Selain memiliki visual yang indah dan penuh warna, kisah yang diberikan oleh animasi Jepang juga memiliki nilai moral dan berbagai pesan yang tidak jarang juga cocok untuk menggambarkan situasi kita saat ini. Karenanya, film animasi Jepang memiliki daya tarik tersendiri yang tidak hanya cocok untuk ditonton untuk anak-anak tetapi juga orang dewasa.

Jika bosan dengan film animasi Barat dan ingin mencari sesuatu yang berbeda, Anda bisa menyajikan film animasi Jepang untuk buah hati Anda. Walau begitu, tidak semua film animasi Jepang memang cocok untuk ditonton oleh anak-anak dikarenakan adanya konten yang terlalu vulgar atau terlalu rumit untuk bisa dimengerti oleh mereka. Namun, tentu saja ada beberapa judul film animasi Jepang yang tidak masalah untuk dinikmati oleh para anak-anak.

Berikut kami berikan beberapa film animasi Jepang yang selain cocok untuk ditonton oleh mereka, juga memiliki konten yang sederhana dan menarik untuk dinikmati selama liburan panjang kali ini! Perlu diingat juga bahwa target anak-anak yang kami maksudkan di sini adalah anak-anak dengan usia anak tingkat Sekolah Dasar.

10. My Neighbor Totoro

My-Neighbor-Totoro

My Neighbor Totoro mengisahkan tentang dua anak gadis bernama Satsuki dan Mai yang harus pindah ke wilayah pedesaan bersama ayahnya karena sang ibu tengah dirawat di rumah sakit di sekitar tempat itu. Dalam masa perpindahan rumah tersebut, mereka bertemu dan berkenalan dengan sosok makhluk spiritual bernama Totoro. Maka petualangan penuh keajaiban Satsuki dan Mai pun dimulai.
“My Neighbor Totoro” atau “Tonari no Totoro” dalam bahasa Jepangnya merupakan salah satu dari sekian banyak film karya Studio Ghibli, tepatnya Hayao Miyazaki, yang patut ditonton walau film ini tergolong sebagai film lama. Studio Ghibli sendiri merupakan salah satu studio animasi yang diakui memiliki beragam film animasi yang layak untuk ditonton karena kontennya yang tergolong aman disaksikan untuk segala usia, penggambaran karakter maupun latar belakang yang indah dan penuh dengan warna serta imajinasi.

9. Duel Masters: Blazing Bonds XX

duel masters

Permainan game menggunakan kartu bergambar karakter tertentu sudah bukan hal yang asing lagi. Film animasi yang didasari dari permainan kartu pun juga tidak kalah populernya. Salah satu dari sekian banyak anime tersebut adalah Duel Masters, di mana terdapat anak lelaki bernama Shobu Kirifuda yang bermain game kartu bernama Duel Masters, di mana para pemain dapat bertarung satu dengan yang lain dengan memunculkan makhluk yang terdapat di dalam kartu yang dimiliki. “Duel Masters: Blazing Bonds XX” mengisahkan petualangan Shobu dan kawan-kawannya dalam membantu Penduduk Api melawan serangan dari Penduduk Kegelapan.
Duel Masters: Blazing Bonds XX, selain memberikan berbagai jenis monster dan makhluk yang berdesain keren dengan dukungan animasi 3D, juga memiliki tema yang tidak rumit serta mampu dicerna oleh anak-anak sekalipun. Duel Masters: Blazing Bonds XX pun bisa menjadi salah satu film yang menarik untuk disaksikan oleh buah hati Anda.

8. Ponyo

ponyo01

“Gake no Ue no Ponyo” atau “Ponyo on The Cliff by The Sea” dalam versi Barat-nya mengisahkan tentang seekor ikan mas koki yang bernama Ponyo, di mana ikan ini kabur dari rumahnya di dalam laut menuju daratan dan bertemu dengan anak manusia bernama Sosuke. Dalam pertemuannya dengan Sosuke, lama-kelamaan Ponyo pun mulai berubah dan memiliki keinginan untuk menjadi anak manusia juga.
Ponyo, seperti layaknya film karya Studio Ghibli lainnya, memiliki visual yang juga indah dan berwarna-warni. Berbeda dengan My Neighbor Totoro yang lebih hijau, dalam Ponyo kita akan melihat lebih banyak warna biru karena temannya yang berputar di sekitar lautan. Kisahnya yang sederhana, tetapi penuh dengan nilai moral yang bisa kita terapkan di kehidupan sehari-hari dan didukung dengan visual yang menarik ini membuat Ponyo layak masuk ke dalam daftar film animasi Jepang untuk anak-anak.

7. Inazuma Eleven GO the Movie: The Ultimate Bonds Gryphon

Raimon_GO_in_GO_Movie_HQ

Meskipun euforia World Cup 2014 sudah surut, tidak ada salahnya jika Anda mencoba menonton film yang satu ini. “Inazuma Eleven GO the Movie: The Ultimate Bonds Gryphon” ini mengisahkan tentang tim sepak bola Raimon yang mendapatkan undangan misterius dari Fifth Sector untuk berpartisipasi dalam kamp sepak bola. Namun yang mereka temui rupanya undangan tersebut merupakan cara bagi Fifth Sector untuk menaklukkan tim Raimon. Oleh karena itu, tim Raimon pun berlatih dengan keras dengan tujuan untuk mengalahkan Fifth Sector dan membuktikan bahwa yang mereka lakukan adalah perbuatan yang salah.
Tema olah raga bukanlah hal yang asing bagi sebuah anime, terutama yang ditargetkan untuk anak-anak. Inazuma Eleven GO memberikan plot dan kisah yang cukup sederhana dengan memberikan nilai moral dan pesan yang juga baik. Selain itu, aksi ketika para anggota tim Raimon melawan Fifth Sector juga tak kalah serunya, apalagi jika buah hati Anda menyukai olah raga sepak bola. Oleh karena itu, “Inazuma Eleven GO the Movie: The Ultimate Bonds Gryphon” masuk di dalam jajaran film anime yang cocok untuk ditonton oleh anak-anak.

6. Dokidoki! Precure the Movie: Mana’s Getting Married!!? The Dress of Hope that Connects to the Future

-RWQ0Q

Tema “magical girl” merupakan salah tema yang cukup populer dan umum ditemui pada serial anime. Salah satu serial bertemakan “magical girl” yang tengah naik daun saat ini adalah Pretty Cure atau akrab juga dengan panggilan Precure. “Dokidoki! Precure the Movie: Mana’s Getting Married!!? The Dress of Hope that Connects to the Future” ini merupakan salah satu film Precure yang terbaru, di mana mengisahkan Aida Mana yang jatuh ke dunia masa lalu. Di masa itu, Mana harus berjuang untuk menyelamatkan ingatan, masa depan, mimpi dan harapan yang berharga bagi semua orang.
Penuh warna yang manis nan ceria, tetapi tidak mengurangi porsi adegan aksi pertempuran Precure dengan musuhnya, hal tersebutlah yang membuat film ini cukup menarik untuk ditonton. Selain itu, Precure juga mampu memberikan alur kisah yang tidak rumit sehingga mudah dimengerti oleh anak-anak yang menontonnya. Film Precure ini tentunya tidak memiliki masalah untuk ditonton oleh anak-anak, terutama untuk anak perempuan.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Bukan CGI, Dragon’s Dogma 2 Gunakan Video Daging Asli untuk Animasi Memasak

Apalah arti sebuah game petualangan yang tidak mampu memberikan Anda…
March 7, 2024 - 0

Frostpunk 2 Rilis Juli 2024

Membangun kota seindah dan seefektif mungkin, menatanya serapi yang Anda…
March 7, 2024 - 0

The First Berserker: Khazan Pamer Gameplay Baru, Rasa Souls

Sulit untuk membantah bahwa teaser perdananya di The Game Awards…
March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…