in: News - Tips | July 29, 2014 | by: Dian Syarifuddin

6 Aplikasi Video Call Gratis Pilihan, Siap Jadi Pelepas Rindu Bagi yang Tidak Mudik

Mudik memang sudah menjadi sebuah tradisi yang tidak akan pernah dilewatkan bagi sebagian besar kalangan terutama pada saat ingin merayakan hari raya Lebaran atau di hari-hari biasa untuk melepas rindu berkumpul bersama saudara, kawan lama, dan juga suasana kampung halaman.

Namun, bagaimana dengan mereka yang ternyata belum bisa menyempatkan diri untuk mudik dikarenakan mengalami beberapa kendala, seperti dana yang terbatas untuk mudik, sakit, atau mungkin juga memiliki pekerjaan yang belum bisa ditinggalkan?

Pada era serba digital seperti sekarang ini, terutama akan tingginya kebutuhan layanan Internet, berkomunikasi antar sesama sudah semakin mudah serta beragam cara dapat dilakukan seperti menelepon, chatting, dan video call. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi saat ini, komunikasi via video call tampaknya telah menjadi pilihan utama dan cukup ampuh sebagai pengobat rasa rindu.

Berikut ini kami sajikan 6 (enam) aplikasi video call gratis pilihan yang dapat digunakan bagi mereka yang ingin berkomunikasi lewat smartphone dan tablet maupun PC:

Skype

Skype_02

Sejak diakuisisi oleh Microsoft pada 2011 lalu, aplikasi yang juga dapat menyajikan chatt dan telepon berbasis VoIP ini telah menjadi aplikasi yang cukup familiar oleh beberapa kalangan penggunanya. Bahkan sejak 2010 lalu, Skype tersedia dalam 27 bahasa serta 660 juta pengguna diseluruh dunia, dan 100 juta pengguna di antaranya cukup aktif setiap bulan. Skype dapat diunduh secara gratis dan dapat digunakan dibeberapa platform seperti Android, Windows Phone, iOS, BlackBerry OS 10, Windows 7, dan Mac. Saat ini, Skype juga telah berhasil mengembangkan video call berkualitas HD.

Hangout

Hangout

Sama seperti Skype, Hangout yang merupakan aplikasi besutan Google ini dapat digunakan juga di PC desktop yang dilengkapi dengan webcam dan microphone dan juga gadget berbasis Android dan iOS. Hangout bisa melakukan video call hingga 10 orang sekaligus yang dibuat dalam satu grup. Selain itu, tersedia juga fitur untuk chatting didalamnya.

ooVoo

ooVoo

ooVoo merupakan salah satu aplikasi video call yang juga memiliki kualitas video HD. ooVoo dapat digunakan pada beberapa gadget berbasis Android, Windows Phone, dan iOS. Salah satu kelebihan dari ooVoo ini adalah pengguna dapat melakukan video call hingga empat orang sekaligus dalam waktu bersamaan.

Tango

Tango

Aplikasi video call yang satu ini tergolong cukup unik. Bagi mereka yang ingin melakukan komunikasi melalui aplikasi ini, cukup dengan memasukkan email atau nomor telepon pada daftar kontak telepon.

Selain melakukan aktivitas video call, Tango juga dapat digunakan untuk voice call, chatting, dan juga mengirim gambar atau musik. Konektivitas yang didukung oleh Tango juga tergolong cukup lengkap, seperti 3G, 4G, dan juga WiFi. Tango dapat digunakan pada perangkat mobile berbasis Android, iOS, Windows Phone, dan juga Windows untuk PC.

Fring

Fring

Fringmenjanjikan kemudahan dalam hal berkomunikasi ke sesama penggunanya melalui gadget berbasis Android, iOS, dan Symbian. Selain dapat digunakan untuk video call, para penggunanya juga dapat voice call dan chatting. Selain itu, layanan video call dari aplikasi ini juga dapat digunakan hingga 4 (empat) pengguna sekaligus secara bersamaan dalam satu grup.

Seen

Seen

Aplikasi yang dapat menyajikan layanan video call ini, juga menjanjikan kemudahan komunikasi didalamnya. Kemudahan yang dimiliki oleh Seen adalah terhubung langsung dengan Facebook, sehingga para penggunanya tidak perlu melakukan registrasi untuk memanfaatkannya. Disamping itu, Seen juga telah memiliki kualitas video HD yang dapat digunakan. Seen dapat digunakan pada perangkat mobile berbasis Android, iOS, dan Windows (untuk PC Desktop dan laptop).

Itulah keenam aplikasi video call yang dapat Anda manfaatkan sebagai pelepas rindu apabila di tahun ini tidak sempat melakukan mudik. Syarat utama dari penggunaan keenam aplikasi video call ini adalah koneksi Internet yang stabil serta perangkat pendukung seperti smartphone atau tablet yang sudah dilengkapi dengan fitur kamera di depan. Bagi mereka yang menggunakan PC Desktop, tentunya perangkat pendukung lain seperti webcam dan microphone sangat diperlukan.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES