6 Aplikasi Video Call Gratis Pilihan, Siap Jadi Pelepas Rindu Bagi yang Tidak Mudik

Reading time:
July 29, 2014

Mudik memang sudah menjadi sebuah tradisi yang tidak akan pernah dilewatkan bagi sebagian besar kalangan terutama pada saat ingin merayakan hari raya Lebaran atau di hari-hari biasa untuk melepas rindu berkumpul bersama saudara, kawan lama, dan juga suasana kampung halaman.

Namun, bagaimana dengan mereka yang ternyata belum bisa menyempatkan diri untuk mudik dikarenakan mengalami beberapa kendala, seperti dana yang terbatas untuk mudik, sakit, atau mungkin juga memiliki pekerjaan yang belum bisa ditinggalkan?

Pada era serba digital seperti sekarang ini, terutama akan tingginya kebutuhan layanan Internet, berkomunikasi antar sesama sudah semakin mudah serta beragam cara dapat dilakukan seperti menelepon, chatting, dan video call. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi saat ini, komunikasi via video call tampaknya telah menjadi pilihan utama dan cukup ampuh sebagai pengobat rasa rindu.

Berikut ini kami sajikan 6 (enam) aplikasi video call gratis pilihan yang dapat digunakan bagi mereka yang ingin berkomunikasi lewat smartphone dan tablet maupun PC:

Skype

Skype_02

Sejak diakuisisi oleh Microsoft pada 2011 lalu, aplikasi yang juga dapat menyajikan chatt dan telepon berbasis VoIP ini telah menjadi aplikasi yang cukup familiar oleh beberapa kalangan penggunanya. Bahkan sejak 2010 lalu, Skype tersedia dalam 27 bahasa serta 660 juta pengguna diseluruh dunia, dan 100 juta pengguna di antaranya cukup aktif setiap bulan. Skype dapat diunduh secara gratis dan dapat digunakan dibeberapa platform seperti Android, Windows Phone, iOS, BlackBerry OS 10, Windows 7, dan Mac. Saat ini, Skype juga telah berhasil mengembangkan video call berkualitas HD.

Hangout

Hangout

Sama seperti Skype, Hangout yang merupakan aplikasi besutan Google ini dapat digunakan juga di PC desktop yang dilengkapi dengan webcam dan microphone dan juga gadget berbasis Android dan iOS. Hangout bisa melakukan video call hingga 10 orang sekaligus yang dibuat dalam satu grup. Selain itu, tersedia juga fitur untuk chatting didalamnya.

ooVoo

ooVoo

ooVoo merupakan salah satu aplikasi video call yang juga memiliki kualitas video HD. ooVoo dapat digunakan pada beberapa gadget berbasis Android, Windows Phone, dan iOS. Salah satu kelebihan dari ooVoo ini adalah pengguna dapat melakukan video call hingga empat orang sekaligus dalam waktu bersamaan.

Tango

Tango

Aplikasi video call yang satu ini tergolong cukup unik. Bagi mereka yang ingin melakukan komunikasi melalui aplikasi ini, cukup dengan memasukkan email atau nomor telepon pada daftar kontak telepon.

Selain melakukan aktivitas video call, Tango juga dapat digunakan untuk voice call, chatting, dan juga mengirim gambar atau musik. Konektivitas yang didukung oleh Tango juga tergolong cukup lengkap, seperti 3G, 4G, dan juga WiFi. Tango dapat digunakan pada perangkat mobile berbasis Android, iOS, Windows Phone, dan juga Windows untuk PC.

Fring

Fring

Fringmenjanjikan kemudahan dalam hal berkomunikasi ke sesama penggunanya melalui gadget berbasis Android, iOS, dan Symbian. Selain dapat digunakan untuk video call, para penggunanya juga dapat voice call dan chatting. Selain itu, layanan video call dari aplikasi ini juga dapat digunakan hingga 4 (empat) pengguna sekaligus secara bersamaan dalam satu grup.

Seen

Seen

Aplikasi yang dapat menyajikan layanan video call ini, juga menjanjikan kemudahan komunikasi didalamnya. Kemudahan yang dimiliki oleh Seen adalah terhubung langsung dengan Facebook, sehingga para penggunanya tidak perlu melakukan registrasi untuk memanfaatkannya. Disamping itu, Seen juga telah memiliki kualitas video HD yang dapat digunakan. Seen dapat digunakan pada perangkat mobile berbasis Android, iOS, dan Windows (untuk PC Desktop dan laptop).

Itulah keenam aplikasi video call yang dapat Anda manfaatkan sebagai pelepas rindu apabila di tahun ini tidak sempat melakukan mudik. Syarat utama dari penggunaan keenam aplikasi video call ini adalah koneksi Internet yang stabil serta perangkat pendukung seperti smartphone atau tablet yang sudah dilengkapi dengan fitur kamera di depan. Bagi mereka yang menggunakan PC Desktop, tentunya perangkat pendukung lain seperti webcam dan microphone sangat diperlukan.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 27, 2024 - 0

Review Acer Predator Helios Neo 16 2024: Helios Neo Naik Kelas?

Laptop yang satu ini bukan cuma kenceng buat gaming, tapi…
March 19, 2024 - 0

Review ASUS Zenbook 14 OLED (UX3405): Laptop Ringan Idaman!

Laptop Intel Core Ultra akhirnya mulai dijual di Indonesia. Salah…
March 18, 2024 - 0

Review Huawei MateBook D 14 (2024): Bodi Metal, Kencang dan Terjangkau!

Laptop yang satu ini harusnya sudah tidak terlalu asing lagi…
March 15, 2024 - 0

Review Lenovo Yoga Slim 7i (14IMH9): Daya Tahan Baterai Laptop 2024 Harusnya Begini!

Laptop layar OLED yang satu ini ternyata baterainya irit banget…

Gaming

March 28, 2024 - 0

Ryu Ga Gotoku Punya Pengumuman Besar di Hari April Mop

Berbeda dengan sebagian besar belahan dunia yang lain, April Mop…
March 28, 2024 - 0

Relic Entertainment Pisah dari SEGA, Kembali Indie

Sebagian besar dari kita mungkin seringkali salah menyimpulkan bahwa SEGA…
March 28, 2024 - 0

Spesifikasi PC untuk Marvel Rivals

Di atas kertas, ini adalah konsep yang seharusnya bisa menuai…
March 28, 2024 - 0

Embracer Jual Dev. Borderlands ke Take-Two Interactive

Anda yang cukup mengikuti berita game dengan intens sepertinya tidak…