in: News | July 6, 2014 | by: Cerira

BBC Luncurkan Virtual Radio Station

bbc

Stasiun berita asal Inggris, BBC, meluncurkan teknologi terbaru mereka. Minggu ini BBC untuk pertama kalinya meluncurkan sebuah teknologi yang disebut Local Virtual Radio Station yang ditujukan sebagai sebuah eksperimen untuk mengurangi biaya dan waktu yang dibutuhkan untuk mengupgrade dan menjalankan stasiun radio lokal semacam itu. Selain bisa mengurangi biaya operasional, layanan ini juga mampu meningkatkan kualitas audio dan kemampuan untuk setiap stasiun berbagi konten dengan stasiun lainnya.

BBC Virtual Radio Station baru yang diciptakan sebagai bagian dari proyek BBC bernama Virtual Local Radio (ViLoR) dan diciptakan oleh departemen BBC Technology yang berkolaborasi dengan BBC Local Radio ini menetapkan BBC Radio Northampton sebagai lokasi pertama dari stasiun radio virtual yang akan menggulirkan uji coba tersebut. Selain lokasi tersebut, ada BBC Radio Northampton, BBC Radio Suffolk, BBC Essex dan BBC Three Counties Radio yang akan melakukan uji coba pertama.

virtual-radio-station

Pendekatan inovatif ini dipimpin oleh Geoff Woolf dan tim BBC Technology yang berbasis di Wilayah Inggris, membantu BBC untuk memecahkan tantangan penting, bagaimana secara terbaik untuk melakukan refresh peralatan dan sistem yang digunakan oleh stasiun radio lokal BBC yang berjumlah 39 stasiun sehingga mereka bisa mencapai akhir hidup teknologi alami mereka. Dengan mengupdate stasiun menggunakan teknologi tradisional dalam skala ini, selain mahal dan lambat, juga akan memakan waktu 6 – 8 bulan per stasiunnya. Namun dengan berbagi infrastruktur dan peralatan di beberapa situs, BBC secara substansial bisa mengurangi biaya dan waktu untuk me-refresh satu stasiun selama 8 minggu saja. ViLoR sendiri merupakan sebuah contoh yang sangat baik dari BBC untuk mengambil pendekatan iteratif untuk melaksanakan teknologi termutakhir yang kompleks dan membawa fleksibilitas dan efisiensi yang potensial serta sejumlah keuntungan yang terus-menerus bagi para staf editorial dan BBC secara luas.

Dalam pernyataannya, pihak BBC menyebutkan bahwa bagi para presenter dan tim produksi, studio akan hadir seperti studi tradisional biasa namun dengan peralatan yang mendasari dan infrastruktur yang dipindah ke pusat, dibagi di lokasi-lokasi tertentu. Tim editorial akan memiliki kontrol penuh untuk sistem play-out dan meja mixing, namun file audio sesungguhnya akan disimpan, distreaming, dimix dan diproses di pusat data yang terpisah secara real time. Dan yang paling penting, sistem ini didesain untuk memastikan bahwa hanya peralatan back-end yang terpusat sehingga tim editorial dan produksi bisa terus hadir dari komunitas lokal seperti yang mereka lakukan saat ini.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES