in: News | July 5, 2014 | by: Ozal

Google Mulai Terapkan “Hak untuk Dilupakan” di Search

Raksasa internet Google akhirnya menyetujui tuntutan privasi dari Komisi Eropa untuk menerapkan peraturan yang dikenal sebagai “hak untuk dilupakan”. Google diberi kewajiban untuk menuruti permintaan pengguna internet yang meminta nama mereka dihilangkan dari hasil pencarian Google Search.

google

“Pekan ini, kami mulai mengambil tindakan atas permintaan penghapusan nama yang kami terima. Ini proses baru bagi kami. Tiap permintaan dilayani bergantian dan kami bekerja secepat mungkin menyelesaikan itu,” kata juru bicara Google, dikutip dari Wall Street Journal.

Google juga sudah mengirimi email pemberitahuan ke pengguna Google di negara-negara Eropa bahwa pihaknya mulai melakukan penghapusan link-link tertentu atas permintaan beberapa pihak. Ini dimaksudkan agar pengguna dapat mengerti situasi yang tengah dilakukan Google.

Link website tertentu yang dihapus dari Google Search itu hanya berlaku untuk kawasan di Eropa saja yang memiliki domain khusus untuk beberapa negara, misalnya google.es atau google.co.uk. Pihaknya tidak berencana menerapkan hal tersebut di google versi Amerika Serikat atau juga yang berdomain google.com.

Tidak semua individu maupun kelompok ingin namanya diingat di internet, terutama informasi sensitif dan membuat dirinya makin tercemar di internet. Masalah ini menjadi bagian dari perlindungan privasi seseorang. Hal inilah yang disorot oleh Komisi Eropa. Meski demikian, peraturan tersebut menuai kontra karena bertentangan dengan kebebasan berpendapat dan hak mendapatkan informasi di internet.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES