Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Meninggalkan Desktop dalam Waktu Lama

Reading time:
July 26, 2014

Di akhir bulan penuh berkah ini, tidak sedikit di antara Anda, pembaca JagatReview, yang akan pulang ke kampung halaman tercinta atau berwisata ke luar kota bersama keluarga. Dari sekian pembaca yang akan melakukan perjalanan jauh, alangkah baiknya mempersiapkan rumah agar selama di perjalanan tidak cemas memikirkan barang-barang yang ada di rumah. Selain mengunci ganda rumah Anda, untuk Anda yang memiliki PC desktop, berikut ini kami akan memberikan sedikit saran untuk mempersiapkan desktop Anda di rumah yang akan ditinggalkan dalam waktu lama.

1. Mencabut Power AC

remove-power-cable

Berdasarkan penelusuran kami, tidak banyak yang melakukan hal sepele yang satu ini. Hal sepele ini, mencabut kabel power AC ke PSU, dapat membantu menjaga desktop Anda dari potensi bahaya dan juga mengurangi konsumsi listrik Anda selama liburan. Hal itu disebabkan karena walaupun komputer tidak dalam posisi menyala, komponen di dalam komputer tidak benar-benar berhenti menarik daya listrik, walaupun memang daya yang ditarik sangat kecil sekali, jauh bila dibandingkan dengan komputter saat keadaan menyala.

2. Mencabut Periferal Tambahan

Z97XSOCForce 42

Ketika meninggalkan desktop dalam jangka waktu yang lama, disarankan untuk mencabut seluruh periferal tambahan yang terepasang ke komputer. Anda bisa menyimpan periferal di tempat lain untuk menghindari debu yang berpotensi menghambat atau mengganggu penggunaan. Misalnya pada periferal input device, debu yang berlebihan dapat merusak keyboard ketika menumpuk di balik tuts keyboard komputer. Mencegah lebih baik dari memperbaiki kan. 🙂

3. Merapikan Kabel Periferal yang Dilepas dari Desktop

tangled-up-wires-connections-cables-18236715

Setelah melepas periferal tambahan dari desktop, jangan lupa untuk merapikan kabel dari periferal yang Anda lepas tersebut, misalnya kabel dari mouse dan keyboard, atau harddisk eksternal. Simpanlah periferal berkabel tersebut di tempat penyimpanan yang sesuai dengan ukuran perangkat beserta kabelnya. Bila Anda menggunakan kemasan yang tidak bisa menampung perangkat beserta kabelnya, atur agar kabel tidak terjepit di dalam kemasan. Walaupun terasa sepele, merapikan kabel membuat resiko rusaknya perangkat karena kabel yang tidak sengaja tertarik menjadi lebih kecil, bisa jadi saat Anda akan menyimpan periferal atau saat mengeluarkan periferal dari tempat penyimpanan saat ingin menggunakannya kembali. Perhatikan juga saat merapikan kabel, jangan menggulung kabel menjadi lingkaran kecil agar tidak mudah rusak.

4. Membungkus Desktop Dengan Plastik

IMG_1312

Walaupun tidak dalam keadaan menyala, aliran udara dari luar casing tetap akan masuk kedalam casing dari seluruh celah yang ada. Hal itu memungkinkan debu dan kotoran masuk ke casing dan menumpuk di dalam. Salah satu cara untuk mencegah hal ini dengan memberikan penutup pada casing. Kami menyarankan untuk menggunakan penutup casing yang menggunakan bahan plastik atau bahan lain yang diberikan bersamaan di paket penjualan casing. Tidak perlu sampai terbungkus masuk kedalam kardus cukup dibungkus rapi dan menutupi seluruh casing.

5. Jangan Meletakkan Cairan di Dekat Desktop Anda

Hal terakhir yang harus Anda perhatikan sebelum meninggalkan desktop Anda, jangan meletakkan wadah berisi cairan di tempat yang berpotensi membahayakan desktop Anda. Walaupun kemungkinan untuk wadah tersebut bocor atau tumpah dan isinya membasahi desktop Anda cukup kecil, terlebih lagi bila Anda mengikuti tips-tips yang kami berikan di atas, meletakkan wadah berisi cairan jauh dari desktop tetaplah hal yang bijak dan mengurangi potensi rusaknya desktop, atau periferal lain yang ada, karena tumpahan cairan.

Itulah sedikit tips dari kami, semoga dapat membantu Anda dalam menjaga desktop Anda di rumah. Selamat berlibur semoga sampai ditempat tujuan dengan selamat!! 🙂

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 27, 2024 - 0

Review Acer Predator Helios Neo 16 2024: Helios Neo Naik Kelas?

Laptop yang satu ini bukan cuma kenceng buat gaming, tapi…
March 19, 2024 - 0

Review ASUS Zenbook 14 OLED (UX3405): Laptop Ringan Idaman!

Laptop Intel Core Ultra akhirnya mulai dijual di Indonesia. Salah…
March 18, 2024 - 0

Review Huawei MateBook D 14 (2024): Bodi Metal, Kencang dan Terjangkau!

Laptop yang satu ini harusnya sudah tidak terlalu asing lagi…
March 15, 2024 - 0

Review Lenovo Yoga Slim 7i (14IMH9): Daya Tahan Baterai Laptop 2024 Harusnya Begini!

Laptop layar OLED yang satu ini ternyata baterainya irit banget…

Gaming

March 28, 2024 - 0

Ryu Ga Gotoku Punya Pengumuman Besar di Hari April Mop

Berbeda dengan sebagian besar belahan dunia yang lain, April Mop…
March 28, 2024 - 0

Relic Entertainment Pisah dari SEGA, Kembali Indie

Sebagian besar dari kita mungkin seringkali salah menyimpulkan bahwa SEGA…
March 28, 2024 - 0

Spesifikasi PC untuk Marvel Rivals

Di atas kertas, ini adalah konsep yang seharusnya bisa menuai…
March 28, 2024 - 0

Embracer Jual Dev. Borderlands ke Take-Two Interactive

Anda yang cukup mengikuti berita game dengan intens sepertinya tidak…