in: News | July 7, 2014 | by: Ozal

Korea Resmi Komersialkan LTE-A 225Mbps

Salah satu operator terbesar di Korea Selatan, SK Telecom mengumumkan telah meluncurkan LTE 4G generasi selanjutnya, LTE Advance (LTE-A) yang diklaim mampu mendukung kecepatan download hingga 225Mbps (dalam satuan bit per detik).

korea

SK Telecom didapuk menjadi operator seluler pertama sekaligus mengantarkan Korea Selatan menjadi yang pertama di dunia yang berhasil mengkomersialisasikan LTE-A berkecepatan 225Mbps. Dari 300 operator seluler di seluruh dunia, terdapat 107 negara yang sudah mengkomersialisasikan LTE 4G namun masih versi standar 75Mbps.

Mulai saat ini, jaringan LTE-A sudah tersedia di Seoul dan beberapa kota metropolitan di Korea Selatan. Rencananya mulai Juli ini, SK Telecom akan meningkatkan jangkauan LTE-A di semua daerah di negara asal Samsung dan LG itu. Dua operator terbesar di Korea lainnya, LG Uplus dan KT juga akan mulai menghadirkan layanan tersebut dalam waktu dekat ini.

Agar bisa menikmati jaringan internet super cepat itu, warga Korea Selatan mesti menggunakan smartphone yang sudah mendukung chip LTE-A. Saat ini, baru Samsung Galaxy S5 versi upgrade yang sudah mendukung jaringan LTE-A generasi terbaru. Ini mengingat perangkat tersebut sudah dibenami prosesor Snapdragon 805, bukan Snapdragon 801 di versi original Galaxy S5.

Dalam praktiknya nanti, kecepatan rata-rata harian yang mungkin bisa didapat pelanggan LTE-A di Korea Selatan bisa di kisaran 70-80 megabyte per detik (MBps). Sedangkan kecepatan rata-rata 4G LTE versi asli di Korea Selatan ‘hanya’ sekitar 30-40MBps.

Sekedar informasi, untuk tarif langganan LTE-A sendri, pelanggan SK Telecom akan dikenakan biaya bulanan mulai dari 9.000 won (Rp 106.000) dengan kapasitas data 2GB. Bila penggunaannya sudah melebihi kuota, pelanggan masih bisa tersambung internet, namun kecepatannya diturunkan menjadi di bawah 400Kbps.

Belum ada informasi, apakah ke depannya nanti, pelanggan LTE-A juga bisa menikmati akses internet unlimited. Sebagai perbandingan, SK menawarkan biaya bulanan untuk paket unlimited LTE 75Mbpas mulai dari 61,250 won (Rp 660.000).

Sumber: SK Telecom

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES