in: News | July 3, 2014 | by: Yufianto Gunawan

Microsoft Sepakati Perjanjian Kerja Sama Lisensi dengan Canon

Raksasa dunia digital imaging, Canon, dikabarkan telah mencapai kata sepakat dengan Microsoft terkait kerja sama lisensi. Tidak disebutkan secara rinci apa isi dari kesepakatan Microsoft dan Canon tersebut. Namun, pihak terkait telah memberikan sedikit bocoran bahwa kesepakatan cross-licensing antara kedua perusahaan tersebut akan membawa perubahan di produk maupun layanan milik keduanya yang telah dikenal selama ini.

handshake

Microsoft dan Canon sendiri memang memiliki banyak sekali lisensi yang bila digunakan bersama akan membawa cukup banyak hal baru yang bisa menguntungkan kedua perusahaan tersebut. Berbagai lisensi terkait digital imaging yang dimiliki oleh Canon bisa dimanfaatkan oleh Microsoft untuk meningkatkan kemampuan kamera digital yang ada di produk smartphone dan tablet mereka, misalnya di produk smartphone Lumia atau tablet Surface. Sedangkan beragam paten yang dimiliki Microsoft bisa saja dimanfaatkan Canon untuk mengkreasikan sebuah kamera pintar dengan OS Windows Phone kreasi mereka.

Baik Microsoft maupun Canon masih belum memberikan kabar lanjutan terkait dari kerja sama lisensi ini. Mereka juga belum mengkonfirmasi apakah ada produk yang nantinya akan hadir dengan memanfaatkan gabungan paten yang dimiliki kedua perusahaan tersebut. Walaupun begitu, keduanya juga tidak mengelak terkait kemungkinan adanya produk yang dikembangkan bersama oleh keduanya.

Bagi Microsoft sendiri, mereka memang ingin kerja sama sejenis semakin banyak dijalin di masa-masa yang akan datang. Kerja sama seperti ini tentunya akan mengurangi kemungkinan terjadinya konflik kepentingan antara pihak-pihak yang diklaim memiliki andil terhadap suatu paten, seperti yang banyak terjadi belakangan ini.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES