in: News | July 19, 2014 | by: Ozal

Pencipta Google Glass Pindah ke Amazon

Raksasa internet Google kembali kehilangan tokoh penting yang berhasil menciptakan berbagai produk inovasi atas nama Google. Dialah Babak Parviz, orang yang pertama kalinya menciptakan kaca mata pintar Google Glass. Parviz resmi meninggalkan Google untuk menerima tawaran bekerja di Amazon.

Babak Parvis
Babak Parvis

“Saya mendirikan dan memimpin beberapa upaya di Google, di antaranya, Google Glass dan lensa kontak pintar Google yang sejauh ini publik tahu, sebelum akhirnya pindah ke Amazon dan mengerjakan hal-hal yang lain mulai sekarang,” tulis Parviz melalui akunnya di Google+ pada Sabtu pekan lalu.

Parviz telah bekerja cukup lama di Google untuk mengembangkan beberapa perangkat wearable yang dikenakan kepala pengguna, termasuk Google Glass dan lensa kontak pintar. Akhir tahun lalu, Ia mengundurkan diri dari kepala Google Glass dan memilih bekerja pada sejumlah proyek Google lainnya. Posisinya digantikan Ivy Ross, seorang eksekutif pemasaran dari Art.com.

Sebelum bergabung di Google, Parviz adalah seorang peneliti University of Washington, Amerika Serikat. Di kampus tersebut, Ia berhasil mengembangkan sebuah lensa kontak pertama di dunia yang dilengkapi sistem sirkuit terpadu. Ia juga bekerja sama dengan Microsoft dalam sebuah penelitian wearable optik untuk memantau kadar gula darah.

Parviz sendiri belum mengungkapkan rincian lebih lanjut tentang kepindahannya ke Amazon ataupun jabatan strategis yang bakal dipegangnya. Hanya saja, Amazon diketahui memang sudah menunjukkan minatnya memasuki ke pasar wearable berjenis optik, seperti halnya Google Glass.

“Setelah bekerja di perusahaan-perusahaan mulai dari startup kecil hingga perusahaan besar dan universitas di Eropa dan Amerika Serikat, saya telah menemukan masing-masing suatu hal yang menyenangkan dan cara keunikan tersendiri,” ungkap Parviz.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES