in: Notebook / Laptop | July 25, 2014 | by: Ozal

Penjualan Notebook Bakal Melonjak Pada Kuartal Ketiga

Ditenggarai pengiriman notebook di seluruh dunia pada kuartal ketiga tahun ini atau periode Juli-September bakal melonjak lebih dari 4 persen dari kuartal sebelumnya. Demikian hasil laporan dari periset pasar teknologi, Digitimes Research.

laptop

Joane Chien, analis senior di Digitimes mengatakan, vendor PC terkemuka sudah bersiap-siap menghadirkan sejumlah notebook model terbaru guna memikat daya beli konsumen, terutama dari kalangan pelajar dan mahasiswa baru.

Pasalnya, kuartal ketiga tahun ini bertepatan dengan masa “back-to-school”. Umumnya, banyak pelajar mulai membeli laptop baru untuk pertama kalinya ataupun meng-upgrade laptop usang mereka dengan yang terbaru. Biasanya, vendor memikat mereka dengan harga terjangkau namun spesifikasinya sudah mampu menjalankan game PC berkualitas low-medium.

Meski demikian, masa “back-to-school” bukan satu-satu faktor signifikan yang membuat penjualan notebook meningkat. Penghentian dukungan Microsoft terhadap Windows XP dirasa mulai mendorong para pengguna untuk memperbarui laptopnya agar bisa menjalankan OS terbaru, seperti Windows 8.1 secara optimal. Terlebih, vendor PC mulai banyak meluncurkan notebook murah dengan harga sekitar US$ 240 namun sudah bisa menjalan Winndows versi teranyar tersebut.

Secara pangsa pasar, Chien menyebutkan, HP diperkirakan bakal kehilangan gelarnya sebagai vendor notebook terbesar di dunia dari segi penjualan. Posisi tersebut bakal direbut oleh Lenovo dari China sebagai teratas, sedangkan HP bertengger di posisi kedua. Sedangkan posisi ketiga dan keempat bakal ditempati oleh Acer dan Toshiba.

Via: China Post

Tags:

Share This: