in: News | July 19, 2014 | by: Cerira

Polisi Inggris Gunakan Software Face Recognition Baru

nec-neoface-facial-recognition

Untuk mengidentifikasi wajah, kini kepolisian negara Inggris tengah menguji coba sebuah software face recognition baru. Keunggulan dari software bernama NeoFace ini adalah mampu mengidentifikasi wajah seseorang dengan waktu yang sangat singkat, hanya dalam hitungan detik saja. Hal ini tentunya akan sangat membantu kinerja polisi saat harus melakukan pengenalan wajah seseorang, baik itu tersangka sebuah tindakan kriminal, korban suatu kejadian dan hal-hal lain yang terkait dan membutuhkan sebuah pemindaian wajah untuk mengenali seseorang.

NeoFace sendiri merupakan software baru yang saat ini diuji coba oleh Kepolisian Leicestershire. Sistem ini mampu melakukan perbandingan segala macam foto digital termasuk foto CCTV dan juga rekaman dari kamera yang biasa dikenakan para polisi saat beroperasi. Selain itu, software ini juga bisa melakukan komparasi foto dari data yang disimpan di database kepolisian. Uji coba yang dilakukan Kepolisian Leicestershire dengan software NeoFace ini akan berlangsung selama enam bulan ke depan dan cara kerja yang digunakan adalah dengan membandingkan ukuran antara fitur wajah kunci dari objek yang akan diidentifikasi.

Face-Recognition-Software

Menurut keterangan Chief Inspector Chris Cockerill, pihaknya sangat bangga menjadi Kepolisian Inggris pertama yang bisa megevaluasi sistem baru bernama NeoFace ini. Hasil awal sudah sangat menjanjikan dan pihak kepolisian Leicestershire akan melihat apa yang bisa dicapai lagi dalam enam bulan ke depan. Selama uji coba yang sudah berlangsung kurang lebih dua bulan ini, Kepolisian Leicestershire mampu mengidentifikasi sekitar 200 tersangka dengan menggunakan NeoFace. Namun sayang untuk saat ini hasil dari teknologi pengenalan wajah tidak bisa digunakan di pengadilan. Namun paling tidak teknologi tersebut bisa digunakan untuk melacak tersangka yang tentunya bisa memberi jalan terang untuk mengungkap berbagai macam kasus kejahatan.

Kepolisian Leicestershire sendiri saat ini memiliki lebih dari 90.000 foto yang tersimpan di database mereka dan jika sebelumnya membutuhkan waktu berjam-jam bahkan bisa berhari-hari saat harus mengidentifikasi wajah seseorang, maka kini semua data tersebut bisa dibandingkan dengan foto digital hanya dalam hitungan detik saja.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES