[PR] Cisco: Pemilihan Umum dan Konektivitas

Reading time:
July 2, 2014

Pemilihan Umum dan Konektivitas

JAKARTA, Indonesia, 2 Juli 2014 – Konektivitas jaringan akan berkembang seiring dengan perubahan cara manusia hidup, belajar, bekerja dan bermain, termasuk ketika memilih pada pemilihan umum. Berbicara mengenai kampanye pemilihan umum di Indonesia, sebelumnya sering kali dilakukan dengan mengumpulkan banyak massa di satu tempat, misalnya saja Stadion Gelora Bung Karno.

Cisco Mobile Visual Networking Index 2014-2018 menunjukkan bahwa di Indonesia, lalu lintas data mobile akan meningkat sebanyak 16 kali lipat dari tahun 2013 sampai 2018, mencapai 377,8 Petabyte per bulan pada tahun 2018. Sebuah survei dari Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII) bersama dengan Badan Pusat Statistik, P2SKTI, mengungkapkan bahwa terdapat 71,19 juta pengguna internet di Indonesia pada akhir tahun 2013. Dan angka ini terus meningkat dengan drastis, terutama pada perangkat mobile.

Seiring dengan penetrasi pertumbuhan internet dan generasi digital yang mulai beranjak dewasa, calon presiden dan partai-partai politik berkesempatan untuk merubah dan mengembangkan cara mereka berinteraksi dengan para pemilih dan rakyat.

Media Sosial

Kementrian Komunikasi dan Informatika menyatakan bahwa ada 63 pengguna internet di Indonesia, dan 93 persen dari mereka menggunakan internet untuk mengakses media sosial. Kemenangan besar Barrack Obama dalam pemilihan umum presiden pada tahun 2008 dengan memanfaatkan internet, media sosial, dan jaringan telah menjadi inspirasi bagi berbagai kalangan partai politik dan praktisi di Indonesia, khususnya selama masa kampanye untuk pemilihan umum legislatif dan pemilihan umum presiden yang akan digelar pada bulan Juli.

Pada pemilihan umum sebelumnya pada tahun 2009, sebagian besar dari partai politik dan calon wakil rakyat di Indonesia masih menggunakan media tradisional dan berbagai sarana lain untuk kampanye mereka. Selama periode pemilihan legislatif di bulan April, hampir semua dari 12 calon dari partai politik telah secara aktif bercakap-cakap melalui media sosial. Para pemilih perlu mengetahui calon pilihan mereka. Pada era digital saat ini, media sosial telah terbukti menjadi salah satu sarana yang terbaik untuk hal ini.

TelePresence

Pada pemilu tahun 2009, Komisi Pemilihan Umum menyatakan bahwa terdapat lebih dari 30 persen penduduk yang tidak memilih atau golput. Para calon harus menemui mereka dan berinteraksi langsung. Dengan keadaan geografis Indonesia yang bermacam-macam dan terdiri dari kepulauan, hal ini dapat menjadi tantangan. Media sosial dianggap tidak menjadi satu-satunya konektivitas jaringan yang bisa dimanfaatkan untuk pemilu dan kampanye politik.

Bayangkan, jika dalam waktu dekat, para calon presiden Indonesia tidak lagi mengumpulkan orang di satu tempat, tetapi justru mendatangi secara langsung dan memperkenalkan diri mereka kepada pemilih di berbagai tempat dalam sekali waktu. Hal ini tidak mustahil. Cisco telah memungkinkan hal ini melalui teknologi TelePresence yang sudah tersedia.

Konektivitas internet merupakan salah satu cara terbaik agar dapat terhubung dengan masyarakat, tanpa harus menghiraukan lokasi. Tetapi dalam hal ini, kehadiran dari calon presiden menjadi hal yang penting dalam aktivitas kampanye seperti debat dan konvensi. TelePresence merupakan salah satu teknologi yang memungkinkan pengguna di satu lokasi berkomunikasi dengan pengguna di lokasi lainnya seolah-seolah semuanya berada di satu lokasi yang sama.

Voice over Internet Protocol (VoIP)

Konektivitas jaringan bukan hanya penting bagi para calon untuk berinteraksi dengan pemilih, tetapi juga dibutuhkan di bagian belakang, oleh staff dan tim yang menjalankan kampanyenya. Staff yang menangani kampanye rata-rata tidak memiliki kantor tetap untuk jangka panjang dan sering kali bekerja secara mobile. Mereka biasanya sering berpindah-pindah. Selain itu dengan kondisi lalu lintas di Jakarta, kemampuan untuk bekerja secara mobile menjadi sangat penting.

Mobilitas merupakan keuntungan utama dalam menerapkan teknologi VoIP, seperti telepon portabel, layanan mobilitas, integrasi dengan aplikasi lain, tanpa hambatan geografis, dan kaya akan fitur. Tidak seperti sistem telepon pada umumnya, perangkat telepon VoIP dapat menggunakan nomor yang sama dimana saja selama memiliki konektivitas internet yang memadai. Dengan demikian staf yang bekerja secara mobile dan berpindah-pindah tidak perlu mengganti-ganti nomor telepon mereka untuk bekerja, cukup hubungkan dengan internet, maka ‘kantor’ mereka dapat dibawa kemana-mana.

Ichwan F Agus, Interim Country Manager Cisco Indonesia, mengungkapkan bahwa, “Dengan pertumbuhan yang drastis menuju era digital, kampanye dan aktivitas-aktivitas politik harus terbuka dan dapat diakses melalui internet. Entah untuk berinteraksi dengan para pemilih, atau untuk mendukung operasional kampanye. Hal ini tidak akan lagi menjadi pilihan.”

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 8, 2024 - 0

Command & Conquer: Generals Kini Tersedia di Steam!

Sepertinya sulit untuk membicarakan game RTS dengan elemen militer kental…
March 8, 2024 - 0

Overwatch 2 Kolaborasi dengan Cowboy Bebop, Hadirkan Trailer Keren!

Kolaborasi antara dua buah franchise yang hadir di media yang…
March 8, 2024 - 0

Kreator Dragon Ball – Akira Toriyama Meninggal Dunia

Hampir semua anak-anak Indonesia yang sempat tumbuh besar di era…
March 7, 2024 - 0

Bukan CGI, Dragon’s Dogma 2 Gunakan Video Daging Asli untuk Animasi Memasak

Apalah arti sebuah game petualangan yang tidak mampu memberikan Anda…