in: Graphics Card | July 26, 2014 | by: Gatot Tri Yuwono

Review HIS R9 280 IceQ OC: Tahiti Kencang Berpadu dengan Cooler Legendaris

Kesimpulan

Ditenagai chip GPU terkencang kedua dari generasi Radeon HD 7000 Series tentu saja membuat HIS R9 280 IceQ OC mampu menawarkan performa keseluruhan yang tergolong memuaskan. Tentu saja hal tersebut menandakan HIS R9 280 IceQ OC siap menjalankan game pada setting kualitas grafik maksimal tanpa harus takut mengganggu kenyamanan bermain. Tidak hanya itu, setting kualitas grafik tersebut wajib dibarengi dengan penggunaan resolusi gambar Full HD agar kemampuan HIS R9 280 IceQ OC tidak menjadi sia-sia. Kemampuan tinggi pada chip GPU Tahiti Pro2 semakin lengkap dengan kombinasi memori GDDR5 sebesar 3GB yang siap mengakomodir game keluaran terbaru yang rakus memori seperti Titanfall dan Watch_Dogs. Walaupun begitu cukup disayangkan penggunaan clock GPU sebesar 20 MHz lebih tinggi di atas nilai standar ternyata tidak memberikan peningkatan performa yang berarti. Tentu saja hal tersebut masih bisa disiasati dengan melakukan overclock secara manual dengan menggunakan aplikasi tuning dari HIS atau dari pihak ketiga.

his r9 280 iceq oc card 03

HIS melengkapi Radeon R9 280 mereka dengan sistem pendingin non-reference andalan mereka yaitu IceQ. Hasil pengujian kami menunjukkan sistem pendingin IceQ tersebut ternyata memiliki performa cukup memuaskan, walaupun kami mengharapkan temperatur kerja lebih rendah lagi. Untuk mendapatkan temperatur kerja lebih rendah lagi dapat disiasati dengan menaikkan kecepatan kipas graphics card dan menariknya, pada kecepatan maksimal, kipas blower pada sistem pendingin IceQ tersebut tidak menimbulkan kebisingan yang cukup mengggangu.

Performa tinggi di kelas harga 3 jutaan rupiah memang menjadi salah satu daya tarik Radeon R9 280 seperti produk besutan HIS yang satu ini. Kalangan pengguna PC seperti gamer dengan alokasi dana tidak terlampau besar dapat menjadikan HIS R9 280 IceQ OC ini sebagai salah satu pilihan graphics card gaming menarik di rentang harga 3-4 juta rupiah. Tentu saja HIS R9 280 IceQ OC juga siap menangani sejumlah feature gaming generasi terbaru dari AMD seperti salah satunya Mantle.

  • Produsen : HIS
  • Info : www.hisdigital.com
  • Harga: Rp. 3.675.000,- (per 23 Juli 2014)
  • Distributor Indonesia : Asia Raya Computronix
  • Telepon : (021) 623 04048
Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5 6
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES