in: Storage Devices | July 23, 2014 | by: Friska Suryawinata

Review Kingston MicroSDHC Card Class 10 UHS-I 32GB: Kinerja Cepat untuk Para Pengguna Gadget

Dengan semakin maraknya pasar gadget terutama smartphone saat ini, maka kebutuhan akan microSD sebagai storage tambahan pun turut semakin meningkat. Berbagai microSD yang dihadirkan pun sangat beraneka ragam, mulai dari microSD yang menawarkan kapasitas cukup besar hingga microSD yang menawarkan kecepatan transfer data yang diakui merupakan salah satu aspek penting dalam sebuah produk storage. Dalam produk microSD atau SD card, terdapat kelas UHS-1 di mana kelas ini menawarkan kecepatan transfer data yang jauh lebih cepat ketimbang kelas lainnya.

kingston03

Kingston yang merupakan vendor terkenal akan produk storage-nya pun turut memberikan produk microSD yang berkemampuan UHS-1 tersebut. Salah satu produknya, Kingston MicroSDHC Card Class 10 UHS-I 32GB, datang ke kantor JagatReview.com untuk kami uji coba performanya.Layaknya sebuah microSD pada umumnya, Kingston menawarkan kapasitas dari 4GB hingga 32GB untuk produk ini. Ukurannya kecil cocok untuk digunakan di perangkat gadget seperti smartphone atau tablet, tetapi juga bisa dipasangkan dengan adapter yang telah disediakan untuk digunakan sebagai SD Card pada perangkat lain seperti kamera digital.

kingston02

Sebelum kami memberikan hasil pengujiannya, terlebih dahulu kami berikan platform pengujian beserta paket penjualan dari Kingston MicroSDHC Class 10 UHS-1 32GB ini.

Platform Pengujian

  • Motherboard: Intel H67 LGA 1155
  • Prosesor: Intel Core i3 2100 3,1 GHz
  • RAM: Kingston DDR3 8 GB

kingston-8go-1600mhz-ddr3-hyperx-blu-cl91

 

  • Storage: Kingston HyperX 3K SSD

kingston-hyperx-3k

  • Graphics Card: AMD Radeon HD 5550
  • Power Supply: Corsair CX 500

corsair cx500 400px

  • Input Device: Genius Keyboard and Mouse
  • Monitor: 18,5 inch LCD
  • Sistem Operasi: Microsoft Windows 7 64 bit

Paket Penjualan

kingston07 kingston06

Dalam paket penjualan yang diberikan oleh Kingston, hanya ada sebuah microSD yang dilengkapi dengan adapter microSD.

Pengujian

Pengujian Kingston MicroSDHC Card Class 10 UHS-I 32G dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan menggunakan software Crystal Disk Mark dan dengan tes transfer data. Berikut adalah hasil yang didapatkan.

Crystal Disk Mark

CDM read CDM Write

Berdasarkan dari hasil pengujian menggunakan CrystalDisk Mark yang dibandingkan dengan microSD class 10 sejenis, terlihat bahwa Kingston MicroSDHC Class 10 UHS-1 memiliki kecepatan baca (read) yang signifikan lebih cepat dan baik secara performa. Namun sayangnya kemampuan tulis (write) untuk random dan sequential tergolong lebih rendah daripada microSD Class 10.

Tes Transfer

tes transfer

Dengan pengujian tes transfer data besar dan kecil berkapasitas 3GB, terlihat bahwa Kingston MicroSDHC Class 10 UHS-1 memiliki waktu yang relatif lebih cepat, baik untuk melakukan read (baca) maupun tulis (write).

Kesimpulan

Harus diakui bahwa microSDHC sudah menjadi barang wajib bagi pemegang gadget seperti smartphone atau tablet untuk bisa menyimpan berbagai data dan aplikasi. Oleh karena itu, sebuah microSDHC yang memiliki kemampuan transfer kencang sangat dibutuhkan.

Kingston MicroSDHC Class 10 UHS-1 memiliki performa yang dibutuhkan untuk menyanggupi permintaan sebuah microSDHC Class 10 yang menawarkan kecepatan transfer data yang lebih cepat. Walau hal tersebut disayangkan dengan kecepatan tulis (write) yang ternyata lebih lambat ketimbang microSDHC Class 10 sejenis. Jika pengguna menginginkan kinerja yang cukup dan harga yang lebih murah, mereka bisa menggunakan microSDHC Class 10 yang umum.

Meskipun memiliki kekurangan tersebut, secara keseluruhan, Kingston MicroSDHC Class 10 UHS-1 ini memiliki kinerja yang cukup kencang dan baik untuk pengguna biasa maupun pengguna profesional. MicroSDHC dari Kingston ini cocok untuk digunakan pada smartphone atau tablet maupun mereka yang hendak menggunakannya untuk perangkat lainnya seperti kamera digital atau camcorder.

Kelebihan:

  • Performa read (baca) yang lebih kencang.

Kekurangan:

  •  Performa write (tulis) tidak jauh berbeda dari microSDHC Class 10 sejenis.

Data Teknis

Produsen Kingston
Info http://www.kingston.com/
Harga TBA
Distributor Kingston.com/Asia
Kapasitas 32 GB
Dimensi 11mm x 15mm x 1mm
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES