in: News | July 11, 2014 | by: Cerira

Robot NASA akan Dilengkapi Piranti dari Project Tango Google

nasa-smart-spheres-robots

International Space Station (ISS) memiliki awak robot yang menjalankan berbagai operasi saat di luar angkasa. Dan tak lama lagi, robot astronot tersebut akan dilengkapi dengan smartphone yang dibuat Google dalam Project Tango. Project Tango sendiri merupakan sebuah proyek yang dibuat Google untuk menghadirkan piranti mobile, khususnya tablet dan smartphone dengan mengusung kemampuan khusus 3D imaging.

Nantinya, piranti tersebut bisa digunakan untuk mengawasi dan memotret lingkungan sekitar dengan hasil image 3D dari sebuah objek atau wilayah dengan menggunakan kamera khusus. Meskipun terdengar biasa saja, namun saat didemonstrasikan di ajang Google I/O lalu, smartphone dan tablet dari Project Tango tersebut ternyata memiliki beberapa aplikasi yang cukup menarik dan tentunya bermanfaat untuk berbagai bidang.

Menurut laporan dari Reuters, robot NASA yang disebut dengan SPHERES  (Syncronized Position Hold, Engage, Reorient, Experimental Satellites) akan dilengkapi dengan smartphone Tango sebagai perlengkapan baru yang berfungsi sebagai mata dan tangan yang kemudian bisa menjalankan berbagai tugas di luar angkasa, tugas yang biasanya ditangani oleh astronot. Smartphone tersebut rencananya akan ikut diluncurkan ke luar angkasa bersama SPHERES pada 11 Juli ini.

google-tango-smartphone-mapping-indoors-540x334

Para insinyur di Ames Research Center NASA ingin menemukan cara agar robot SPHERES menjadi lebih bermanfaat, salah satunya dengan membekalinya dengan smartphone Tango. Nampaknya, saat robot-robot tersebut digunakan di NASA tahun 2006 lalu, mereka tidak memiliki kemampuan tak lebih dari membuat gerakan yang tepat.

Chris Provencher, project manager SPHERES menyampaikan bahwa pada dasarnya mereka ingin menambah kemampuan komunikasi, kamera, meningkatkan kemampuan prosesing, akselerometer, dan sensor-sensor lainnya pada robot-robot mereka. Rupanya, saat mereka berpikir keras untuk membenamkan segala kemampuan tersebut, ternyata jawabannya ada dalam sebuah smartphone.

Sebelumnya piranti dari Project Tango hanya dibuat prototipe untuk para developer. Namun di ajang Google I/O lalu, Google mengumumkan bahwa mereka akan bekerja sama dengan LG untuk meluncurkan versi konsumen dari seri Tango tahun depan.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES