in: News | July 1, 2014 | by: Ridwan Fariz

[Rumor] GPU AMD Tonga Hadir Agustus Mendatang

Berita mengenai kehadiran GPU AMD terbaru dengan kode nama AMD “Tonga” ini sudah bermunculan sejak beberapa pekan lalu. Disebutkan jika GPU yang akan mengusung arsitektur 28nm dengan teknologi GCN 2.0 ini akan menghadirkan efisiensi GPU terbaik yang pernah ditawarkan AMD hingga saat ini, yang berarti dapat diasumsikan jika VGA dengan GPU ini nantinya akan bersaing dengan kompetitor yang memiliki GTX 750 series dengan GPU Maxwell GM107 yang diakui sebagai VGA gaming dengan konsumsi daya paling efisien saat ini.
AMDRad_R9_270X_Birdseye_RGB_24in
Kabar terbaru menyebutkan jika AMD tidak lama lagi akan menghadirkan VGA dengan GPU Tonga ini, dengan perkiraan hadir pada bulan Agustus mendatang. Dari berbagai pengamat, disebutkan jika AMD memiliki dua kemungkinan untuk merilis GPU Tonga ini pada bulan Agustus mendatang. Kemungkinan pertama GPU Tonga ini ditujukan untuk kelas mainstream sesuai rumor awal atau bisa jadi AMD akan merilis GPU baru untuk kelas performance yang akan berada diatas GPU Curacao.

Jika benar AMD merilis varian baru GPU untuk kelas performance, kemungkinan besar VGA ini akan menjadi pesaing kompetitor dengan VGA GTX 760-nya. Karena posisi AMD di kelas ini terlihat cukup tanggung dibandingkan kompetitor, seperti R9 280 yang kompetitif dari segi performa, namun kalah telak dari segi konsumsi daya dan juga suhu dibanding GTX 760, dimana R9 270X baru bisa menyamakan efisiensi namun dari segi performa masih cukup tertinggal.

Perkiraan spesifikasi GPU Tonga ini akan mengusung stream prosesor sebanyak 2048 dengan arsitektur GCN2, 128 TMU, 32 ROP, dan memory GDDR5 256-bit. Namun hingga tulisan ini dibuat, semua berita yang beredar saat ini hanya bisa diklasifikasikan sebagai rumor, dan belum ada kepastian resmi dari AMD sendiri. Belum diketahui juga jika AMD dengan GPU Tonga ini akan memberikan nama baru apakah tetap mengusung nama R-Series.

Sumber

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES