in: News | July 27, 2014 | by: Yufianto Gunawan

Samsung Hadirkan Optical Drive External untuk Ultrabook

Hadirnya perangkat laptop tipis dengan kemampuan baik, Ultrabook, menyisakan masalah tersendiri bagi beberapa user, terutama bagi yang masih membutuhkan optical drive untuk membaca data yang disimpan di keping digital, baik CD maupun DVD. Menggunakan optical drive eksternal standar mungkin menjadi salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut. Namun, ketebalan dari kebanyakan optical drive eksternal yang ada di pasaran umumnya lebih tebal dari Ultrabook. Samsung, salah satu raksasa elektronik dunia, berusaha untuk menghadirkan perangkat optical drive eksternal dengan ukuran sangat tipis yang cocok untuk disandingkan dengan Ultrabook.

20140724105814707_208GB_W_side315-open_s

Samsung merilis dua buah optical drive eksternal tipis terbaru mereka, yaitu SE-218GN dan SE-208GB. Keduanya merupakan optical drive eksternal dengan tray dan memiliki desain yang ramping, dengan hanya sedikit bagian yang menonjol di bagian belakang. Desain tersebut membuat keduanya cocok disandingkan dengan Ultrabook yang juga memiliki bentuk yang ramping.

Untuk menunjang ukuran tipis dari perangkat optical drive tersebut, Samsung melakukan beberapa perubahan desain yang cukup radikal bagi kedua produk tersebut. Mereka memposisikan tombol eject di sisi atas perangkat, bukan bagian depan tray seperti layaknya optical drive external yang ada. Selain itu, menurut pihak Samsung, peletakan tombol di sisi atas tersebut akan mempermudah pengguna ketika butuh menekan tombol, bila dibandingkan dengan peletakan tombol di bagian depan.

Satu hal yang patut disayangkan dari kedua perangkat optical drive ini, Samsung masih memilih untuk menggunakan USB 2.0 untuk koneksi ke komputer. Penggunaan standar yang lebih baru, USB 3.0, tentu saja akan membantu memaksimalkan kemampuan dari optical drive eksternal ramping ini.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES