in: Otomotif | July 3, 2014 | by: Ozal

Toyota Luncurkan Mobil Bertenaga Hidrogen

Raksasa pabrikan otomatif asal Jepang, Toyota baru saja meluncurkan mobil berjenis sedan yang ditopang oleh tenaga berbahan bakar gas hidrogen. Mobil ini diumumkan pertama kali pada Oktober tahun lalu mengadopsi nama Toyota FCV.

toyota

Pihaknya akan membanderol Toyota FCV di kisaran US$ 100.000 atau setara Rp 1,2 miliar. Namun kini, pihaknya menegaskan, mobil ramah lingkungan tersebut akan dijual kurang dari US$ 70.000 atau sekitar Rp 845 juta.

Selain itu, mereka tak hanya meluncurkan mobil bertenaga hidrogen saja, namun juga sudah menyiapkan beberapa stasiun pengisian bahan bakar hidrogen di Jepang dan Amerika Serikat, meski jumlahnya masih sedikit.

Toyota berharap, dukungannya terhadap bahan bakar non-fosil itu akan merangsang pengembangan dari beberapa industri lain. “Kami ingin menunjukan kesungguhan kami,” kata Mitsuhisa Kato, Wakil Presiden Toyota, seperti dikutip dari Wall Street Journal.

toyota 2

Tidak seperti mobil listrik yang ditenagai baterai lithium-ion –yang memakan waktu berjam-jam untuk mengisi penuh dayanya– mobil bertenaga hidrogen ini hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja. Terdapat tangki hidrogen di dalam mobil untuk menampung gas yang dipasok dari stasiun pengisian bahan bakar hidrogen.

Kehadiran mobil bertenaga hidrogen ini juga sejalan dengan rencana pemerintahan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe yang ingin mempopulerkan teknologi sel bahan bahan bakar, termasuk hidrogen. Pihaknya juga menjanjikan bakal mensubsidi penjualan mobil hidrogen dan pembangunan infrastruktur stasiun pengisian bahan bakar hidrogen.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES