in: News | July 8, 2014 | by: Yufianto Gunawan

Windows XP Bantu Selamatkan Penjualan PC

Penjualan PC, yang disebut oleh beberapa analis terus menurun sejak tahun 2013 lalu, ternyata tidak jatuh separah yang diprediksikan berbagai pihak di tahun 2014 ini. Berdasarkan data ada, penjualan PC di tahun 2014 ini berada di atas angka yang telah diprediksikan sebelumnya. Bahkan, menurut Gartner, salah satu badan riset pasar, penurunan tingkat penjualan PC berhasil ditekan ke persentase yang lebih kecil, hanya 2.9% saja. Hal tersebut teryata tidak lepas dari “peran” sang sistem operasi lawas, Windows XP!

laptop with XP-578-80

Dihentikannya dukungan untuk Windows XP di bulan April 2014 lalu membuat pengguna PC, baik pribadi maupun perusahaan, yang masih menggunakan sistem operasi tersebut di PC mereka perlahan-lahan mulai beralih ke OS yang lebih baru. Tren peralihan ke OS yang lebih baru tersebut juga memicu terjadianya pembelian PC baru, baik desktop atau berbagai jenis perangkat mobile, yang memiliki kemampuan lebih baik untuk menangani OS keluaran baru. Hal itu membuat penurunan penjualan PC dapat ditekan ke tingkat yang lebih rendah dari yang diprediksi.

Pengguna Windows XP yang sudah terlanjur cinta dengan OS tersebut memang banyak yang berusaha bertahan menggunakan OS tersebut. Namun, perlahan-lahan, kebutuhan akan berbagai hal membuat mereka mulai meninggalkan OS tersebut. Penggunaan OS yang lebih baru umumnya menuntut spesifikasi PC yang lebih tinggi dari yang telah dimiliki. Itulah yang pada akhirnya berimbas positif ke penjualan PC.

Terlepas dari adanya tren positif tersebut, Gartner tetap menekankan bahwa penjualan PC tetaplah menurun. Walaupun begitu, penurunan tersebut masih tidak seburuk prediksi yang ada dan bahkan bisa ditekan ke tingkat yang tidak terlalu buruk.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES