in: News | August 2, 2014 | by: Ozal

Allwinner Luncurkan Prosesor Quad-Core Seharga US$ 4

Setelah mengumumkan prosesor 64-bit yang ditujukan untuk pasar tablet 4K murah, Allwinner kembali bikin gebrakan baru lagi, masih di pasar prosesor perangkat mobile murah. Vendor asal China tersebut mengklaim, ini adalah prosesor mobile quad-core pertama di dunia yang hanya seharga US$ 4, yaitu A33.

allwinner

Saat ini, A33 sudah memasuki tahap produksi massal. Chip tersebut ditujukan untuk pasar tablet. Dengan harga semurah itu, pihaknya mengatakan, vendor atau OEM bisa menghadirkan tablet 7-8 inci yang ditopang prosesor quad-core dengan harga di kisaran US$ 30 hingga US$ 60 saja.

Allwinner A33 berbasiskan desain arsitektur ARM quad-core Cortex-A7 dan ditopang GPU dual-core Mali-400 MP2. Allwinner mengklaim, chipset-nya tersebut mampu mendukung penggunaan layar tablet dengan resolusi 1280 x 800 pixel, dan dapat memutar video 1080p (60fps), serta hemat daya.

Berikut beberapa fitur dari Allwinner A33:
Ÿ- Pin-compatible with A23 dual core
Ÿ- Four CortexTM-A7 CPUs and Mali400MP2 GPU
Ÿ- 1080p video playback and capture
Ÿ- Integrated MIPI DSI controller, up to 1280×800
Ÿ- SmartColor display technology
Ÿ- Integrated Hi-Fi audio codec
Ÿ- Ultra-low power consumption

“Disebut-sebut sebagai prosesor quad-core paling hemat biaya untuk tablet, A33 memiliki referensi harga yang diharapkan hanya menjadi US$ 4 saja,” tulis Allwinner, dalam pernyataan resmi di website-nya.

Keberadaan Allwinner sendiri di industri chipset untuk perangkat mobile memang tidak setenar Qualcomm ataupun MediaTek. Klien mereka kebanyakan berasal dari vendor tablet murah asal China yang namanya kurang dikenal secara global. Setahun terakhir ini, mereka mencoba menggebrak pasar chipset murah namun dengan kemampuan yang tak bisa dipandang sebelah mata.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES