in: News - Popular Science | August 16, 2014 | by: Ozal

IBM Ciptakan Cara Kerja Otak dari Chip Komputer

Dapatkah chip silikon mampu bekerja seperti halnya otak manusia? Jawabanya, iya. Sejumlah peneliti IBM mengatakan, pihaknya  berhasil mengembangkan sebuah chip yang cukup mampu meniru cara kerja otak manusia. Kemampuannya pun jauh lebih baik dari chipset pendahulunya.

ibm 2

Dalam sebuah makalah ilmiah yang diterbitkan IBM di jurnal Science menjelaskan, dengan menggunakan teknik manufaktur silikon konvensional yang ada, mereka mampu menciptakan sebuah chipset berbasis “neurosynaptic processor”.

Chipset ini juga merupakan salah satu terbesar yang pernah dibangun karena menggunakan 5,4 miliar unit transistor. Itu satu miliar lebih banyak dari jumlah transistor yang tertanam di prosesor server Intel Xeon.

Guna menangani tugas, chipset menggunakan 4.096 core neurosynaptic. Sementara proses fabrikasinya menggunakan teknologi 28-nanometer dari Samsung Electro Mechanics. Yang cukup mengejutkan, IBM mengklaim, penggunaan dayanya untuk mulai menjalankan chipset, hanya dibutuhkan sekitar 70 miliwatt saja.

Chipset yang juga dijuluki TrueNorth ini bergantung pada jaringan yang memiliki cara kerja seperti neuron (sel-sel saraf) pada otak. Salah satu fungsi jaringan itu guna mendeteksi dan mengenali berbagai banyak pola yang terjadi di sekitarnya. Sebagai contoh, kita bisa mengenali ciri khas tulisan tangan seseorang, setelah melihat gaya tulisan tersebut.

Adapun salah satu cara IBM menguji chipset itu, ialah dengan mendeteksi orang, mobil, truk, dan bus dalam sebuah rekaman video. Hasilnya, TrueNorth mampu mengenali keempat objek yang berbeda itu.

ibm

Di masa silam dan mungkin saat ini, komputer tradisional hanya mampu mendeteksi adanya pergerakan objek di dalam video saja, tanpa bisa mengenali objek apa saja yang bergerak. Sementara tugas identifikasi tiap objek dilakukan oleh manusia atau operatornya. Inilah mengapa Drone terbang yang dilengkapi senjata belum bisa bergerak mandiri -tanpa bantuan operatornya- saat mengudara di atas pemukiman warga.

Saat ini, chipset sudah mampu melakukan 46 miliar SOPS (synaptic operations per second per watt). Ini merupakan standar pengukuran komputasi berbeda dengan superkomputer yang menggunakan FLOPS (floating point operations per second).

IBM tidak sendiri menggarap proyek ambisisus ini. Pihaknya bekerja sama dengan sejumlah peneliti di Cornell Tech dan iniLabs. Sementara dana proyeknya, sebagian besar datang dari DARPA, suata lembaga penelitian di Departemen Pertahanan Amerika Serikat. Pengembangan TrueNorth pun masih berlanjut. Pihaknya juga sudah mengucurkan dana sebesar US$ 3 miliar untuk jangka waktu lima tahun ke depan.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES