in: News | August 25, 2014 | by: Ozal

Internet Cepat Bukan untuk Sekedar Download

Banyak anggapan bahwa koneksi internet supercepat bakal dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk keperluan download file berkapasitas besar saja, seperti film dan game. Namun pada kenyataannya, anggapan akses internet cepat untuk download saja tidaklah sepenuhnya benar. Ada banyak hal lain yang didapat dari manfaat internet cepat dari sekedar men-download konten saja.

internet 5

Sebuah survei Ooredoo di Indonesia terhadap kelompok usia 18-19 tahun yang belum lama ini dirilis mengungkapkan bahwa harapan mendapatkan internet cepat ialah agar mereka bisa lebih optimal untuk browsing di dunia maya. Setidaknya, dengan koneksi cepat, mereka masih bisa mengakses website tanpa loading web yang lama atau terputus.

Dari 1.400 responden yang disurvei, sekitar 91 persennya mengatakan bahwa mereka jarang menghabiskan banyak waktu di dunia maya karena buruknya koneksi internet yang didapat. Menyedihkannya lagi, 82 persennya mengaku, kerap dibuat jengkel dengan lambannya koneksi saat baru membuka browser. Akibatnya, mereka gagal mendapatkan informasi dan ilmu pengetahuan di internet.

Indonesia sendiri, menurut data terbaru Akamai, sebagai salah satu yang terlelet koneksinya di Asia dengan kecepatan rata-rata internet  di Indonesia hanya 2Mbps (dalam satuan bit). Itupun belum tentu stabil dan tidak semua daerah di Indonesia tercakupi dengan kecepatan sebesar itu. Meski demikian, posisi Indonesia masih lah lebih baik ketimbang India yang hanya 1,3Mbps dan berada di posisi terendah. Saat ini, kecepatan rata-rata tertinggi di Asia masih dipegang Jepang, yakni 5,7Mbps.

internet 3

Sementara itu, masih dalam laporan Ooredoo, akses internet yang lamban juga berdampak pada produktivitas kerja kalangan profesional di Tanah Air. Sekitar 36 responden dewasa mengatakan, kerjaannya menjadi tidak sesuai harapan bila koneksi internet mereka lelet. Kendala ini umumnya ditemui ketika mereka lebih sering memanfaatkan internet yang berasal dari jaringan seluler di smartphone-nya.

Koneksi yang lebih cepat sebenarnya bakal mendorong lebih banyak orang memanfaatkan internet untuk keperluan wirausaha dan inovasi. Ini dibuktikan dengan lebih dari 83 persen responden berkeinginan untuk itu. Namun kembali lagi pada masalah awal, bila koneksi lelet, niatan baik mereka tak akan sampai tereksekusi.

“Tantangan yang kami hadapi ialah membantu kaum muda Indonesia untuk beralih memanfatkan internet sebagai sarana mendapatkan penghasilan, bertransaksi, atau mendirikan usaha,” kata pihak Ooredoo, seperti dikutip dari Wall Street Journal. Untuk diketahui, Ooredoo merupakan induk perusahaan Indosat yang bermarkas di Qatar.

internet 2

Bagi negara maju seperti Korea Selatan dan negara di Uni Eropa, internet cepat bukan lagi sekedar memudahkan masyarakatnya terhubung ke dunia maya. Permintahnya punya pandangan positif dan optimis bahwa internet cepat dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan menciptakan banyak lapangan kerja baru.

Bahkan, sejumlah perusahaan IT top dunia sudah mulai memfokuskan strategi bisnisnya yang disebut “Internet of Things”. Ini merupakan sebuah konsep di mana tiap aspek kehidupan manusia tak akan lepas dari internet. Sebagai contoh, Samsung dan LG sudah memasukan fitur akses internet di TV, jam tangan, bahkan hingga perangkat mesin cuci, microwave, dan kulkas. Belum lagi, sejumlah industri PC, seperti Acer, Asus, HP, hingga Intel mulai menaruh minatnya terhadap cloud-storage. Berbagai produk semacam itu bisa berjalan optimal bila konsumen mendapatkan akses internet cepat.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES