in: Otomotif | August 13, 2014 | by: Ozal

Kamera Mobil Bakal Dikuasai Produsen Kamera Ponsel

Produsen kamera smartphone tengah melihat peluang area bisnis baru di saat pertumbuhan penjualan smartphne sedang melambat. Salah satunya adalah produsen utama kamera di smartphone Samsung, Mcnex. Mereka melihat, industri otomotif mulai tertarik mengaplikasikan kamera di mobil.

mobil

Kamera yang terpasang di mobil bisa digunakan sebagai penganti alternatif keberadaan kaca spion. Lebih jauh, fungsinya juga bisa digunakan merekam kejadian yang terjadi di lokasi sekitar mobil hingga sekedar melakukan foto selfie.

Mcnex menngungkapkan, seperti dikutip dari Reuters, pihaknya sudah menghadirkan teknologi kamera ini di sejumlah mobil mewah. Ada sekitar 8-12 unit kamera terpasang. Saat ini, penggunaannya lebih diprioritaskan membantu pengemudi memarkir mobil atau memicu rem darurat bila kamera mendeteksi adanya hal-hal yang tak diinginkan. Terlebih, Amerika Serikat sudah memberikan angin positif bagi produsen kamera. Mulai 2018 mendatang, semua mobil di Amerika Serikat wajib dipasangi kamera di bagian belakang guna melindungi pejalan kaki. Selain itu, mobil otomatis “self-driving”, seperti yang tengah digarap Google, Nissan, atau Audi juga mesti dilengkapi kamera agar sistem komputer mobil bisa mendeteksi lingkungan di sekitarnya.

Mcnex yakin, industri otomatif akan menghasilkan keuntungan jauh lebih besar ketimbang bisnisnya saat ini. Harga sebuah kamera untuk mobil saja, menurutnya, bisa mencapai US$ 32. Bandingkan dengan harga pasokan sebuah kamera untuk smartphone, hanya dijual sekitar US$ 4 saja. Pada 2020 mendatang diprediksikan, bakal ada sekitar 83 juta kamera khusus mobil terjual.

Mcnex tak sendiri melihat peluang itu. Sejumlah produsen khusus kamera ponsel, seperti LG Innotek (pemasok utama kamera iPhone), Sekonix (pemasok sekunder kamera Samsung), hingga Panasonic dan Sony juga tertarik masuk ke pasar kamera untuk mobil.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES