in: News | August 31, 2014 | by: Ozal

September Siaran TV 4K Resmi Hadir di Korea

Dalam waktu dekat ini, warga Korea Selatan bakal dapat menikmati siaran TV berlangganan dengan resolusi UHD 4K (3840 × 2160 pixel). Hal ini lantaran, KT yang merupakan salah satu operator telekomunikasi terbesar di Korea Selatan berencana meluncurkan layanan siaran UHD 4K mulai 1 September mendatang.

4K tv

 

Pihak KT mengklaim, Korea Selasan akan menjadi negara pertama di dunia yang berhasil komersialkan layanan siaran TV 4K. Ini selangkah lebih maju dari negara tetangganya, Jepang yang pada Juni lalu baru menggelar uji coba siaran TV 4K.

Layanan yang diberi nama “Olleh UHD TV” itu menawarkan kualitas gambar siaran empat kali lebih tajam dari siaran TV Full-HD yang sudah ada. “Itu menampilkan gambar yang lebih hidup dan sangat jelas pada layar,” kata KT, seperti dikutip dari Korea Times.

Namun perlu dicatat di sini adalah siaran tersebut hanya hadir dalam bentuk langganan saja. Pengguna pun diwajibkan harus sudah memiliki perangkat TV dengan resolusi layar 4K atau UHD TV. Selain itu, siaran TV 4K hanya bisa ditangkap asal UHD TV pelanggannya sudah dipasangi perangkat set-top-box dari KT.

Biaya bulanannya pun cukup terjangkau, hanya 4.000 won saja atau sekitar Rp 44 rib. Namun, pelanggan Olleh UHD TV diwajibkan menjalani kontrak selama tiga tahun.

Sejauh ini, KT sudah mempersiapkan sejumlah prorgam siaran TV 4K dengan durasi delapan jam secara real-time dan 25 channel video-on-demand (VOD). Rencananya, KT akan menggandeng lebih banyak lagi  penyedia konten agar mau menyiapkan program TV dengan resolusi 4K.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES