in: News | August 1, 2014 | by: Cerira

Tamu Hotel Hilton Segera Bisa Gunakan Smartphone sebagai Kunci Kamar

hilton-hotel

Grup Hotel Hilton mengumumkan bahwa mereka telah menginvestasikan dana sebesar $550 juta untuk bisa menghadirkan layanan baru yang pasti akan diminati para tamu yang berkunjung di hotel tersebut. Perusahaan Hilton berencana akan menghadirkan teknologi yang memungkinkan para tamu bisa mempergunakan smartphone mereka khususnya iPhone, untuk membuka kunci kamar sehingga para tamu tak harus mengantri di resepsionis untuk mengambil kunci kamar mereka.

Fitur smart lock yang memang disebut-sebut sebagai teknologi masa depan ini diharapkan akan bisa dihadirkan di seluruh jaringan Hotel Hilton di seluruh dunia pada 2016 mendatang. Teknologi baru ini akan diterapkan di lebih dari 650 ribu kamar di lebih dari 4000 jaringan hotel yang dimiliki Hilton. Sebelumnya Hilton sudah menghadirkan sebuah aplikasi khusus untuk iPhone maupun Android yang memungkinkan para tamunya untuk melakukan check-in secara online, melakukan reservasi kamar sesuai keinginan dan sebagainya, melalui piranti mereka. Tamu bisa melakukan check-in pada jam 6 pagi sehari sebelum reservasi dan memilih kamar yang diinginkan melalui peta floor plan atau kamar yang tersedia. Tamu juga bisa melihat galeri foto dari kamar dan membuat permintaan khusus dan melakukan upgrade kamar melalui aplikasi. Namun tentunya dengan aplikasi lama tersebut, tamu masih harus mengantri di resepsionis untuk mengambil kunci kamar mereka. Dan dengan sistem baru yang akan diterapkan Hilton nanti, setelah tamu melakukan check-in melalui iPhone maka sistem akan mengirimkan kode kunci khusus dan tamu bisa langsung menggunakannya untuk membuka kamar saat mulai menginap di hotel.

hiltoncheckin-640x472

Menurut Christopher J. Nassetta, chief executive Hilton, tujuan mereka menghadirkan layanan-layanan tersebut adalah untuk memberikan pelanggannya pilihan dan kontrol yang belum pernah terjadi sebelumnya, cukup di telapak tangan mereka. Jika para wisatawan sudah bisa menggunakan smartphone mereka sebagai boarding pass untuk mendapatkan kursi di pesawat, maka sangat mungkin juga hal tersebut diterapkan sebagai kunci kamar hotel. Pihak Hilton sudah menghabiskan bertahun-tahun untuk melakukan beberapa uji coba dengan beberapa pilihan untuk membuat visi ini menjadi kenyataan. Dan kini mereka mengembangkan teknologi yang tepat dan sesuai, yang aman dan bisa diandalkan untuk digunakan para tamunya, dan tentunya juga hemat bagi pihak hotel untuk menginstalnya.

Tags:

Share This: