in: News | September 6, 2014 | by: Ozal

File Office Korup Saat Diakses di OneDrive

Sejumlah pengguna layanan cloud storage Microsoft OneDrive melaporan adanya masalah dengan fitur sinkronisasi sehingga menyebabkan file yang di-upload ke cloud menjadi ‘korup’ alias tidak bisa dibuka.

onedrive

Masalah ini hanya mempengaruhi file Office 2013 (Word/Excel/PowerPoint) yang di-upload ke OneDrive sejak 27 Agustus lalu. Namun, tidak ada jenis file lainnya yang terkena masalah ini.

Beberapa pengguna kemudian melaporkan masalah ini ke form dukungan Microsoft guna mendapatkan solusinya. Diketahui, masalah ini disebabkan adanya bug yang memungkinkan file Office menjadi korup ketika diakses di OneDrive. Ada pesan berbunyi, “Format atau ekstensi file tidak valid” saat pengguna mengaksesnya di OneDrive.

“Saya masih bisa membuka secara online dengan tablet Surface maupun netbook. Bahkan, saya bisa membuka file yang sama ketika menggunakannya dari USB memory stik. Justru, ketika mengaksesnya di dalam OneDrive, file malah rusak,” ungkap salah seorang pengguna di forum dukungan Microsoft.

Sementara itu, pihak Microsoft belum berkomentar resmi terkait adanya temuan masalah ini. Beberapa pengguna lainnya kemudian menyarankan, untuk sementara waktu, sebaiknya menyimpan file Office yang sudah diekstrak terlebih dahulu ke bentuk ekstensi zip ataupun rar karena bug ini tidak berpengaruh terhadap ekstensi tersebut.

Masalah ini kemudian mendapat sindiran cukup tajam dari analis teknologi. “Contoh ini menggambarkan beberapa kelemahan dari menggunakan layanan cloud. Layanan cloud seharusnya sangat nyaman ketika mereka bisa gunakan, namun ketika itu tidak bekerja, Anda mungkin hanya memiliki sedikit kontrol dalam proses perbaikan masalah.” kata Mike Small, seorang analis dari Kuppinger Cole.

Sumber

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES