in: Networking | September 8, 2014 | by: Yufianto Gunawan

Hands-On Review TotoLink N300RH: Router Ringkas dan Mudah Digunakan

Bagi sebagian besar pembaca JagatReview, nama TotoLink mungkin masih terasa sangat asing. Demikian pula dengan kami, segenap kru JagatReview. Kami masih belum benar-benar mengenal produk dari merek yang satu ini, setidaknya hingga beberapa waktu lalu, saat produk dari perusahaan yang bermarkas di China ini hadir di kantor kami. Produk tersebut adalah salah satu router mereka, yaitu N300RH.

TotoLink N300RH - 01

N300RH sendiri dipasarkan TotoLink sebagai salah satu produk di kelas High Gain. Sesuai namanya, N300RH merupakan router Wireless N (802.11n) dan memiliki bandwidth maksimal 300 Mbps. Berdasarkan informasi di situs resmi TotoLink, produk ini, berkat penggunaan antena High Gain, memiliki jangkauan yang cukup jauh dibandingkan dengan wireless router standar. Kami cukup penasaran dengan produk tersebut dan memutuskan untuk mencobanya langsung untuk melihat kemampuannya!

Paket Penjualan

Sebelum membahas router N300RH dari TotoLink dan juga penggunaan dari perangkat tersebut, kami akan terlebih dahulu membahas paket penjualan dari perangkat tersebut. Berikut ini adalah paket penjualan dan perlengkapan yang disertakan oleh TotoLink dalam paket penjualan router tersebut:

  • 2 buah antena
    TotoLink N300RH - 02
  • 1 set adapter daya
  • 1 buah stand untuk memposisikan router di posisi vertikal
    TotoLink N300RH - 03
  • 1 set kabel Ethernet
  • 1 lembar Quick Start Guide

TotoLink N300RH

TotoLink N300RH - 04

TotoLink N300RH dibalut dengan warna putih di sebagian besar bodinya dan menggunakan desain yang cukup menarik. Di sisi atas perangkat terdapat dua buah mounting untuk antena yang bisa digunakan untuk memasang antena yang disediakan di paket penjualan router ini. Terdapat juga sederetan lampu indikator di dekat salah satu mounting untuk antena yang membantu menunjukkan status operasional router, yaitu:

  • Power Indicator
  • CPU Indicator
  • WAN Indicator
  • Wireless LAN Indicator
  • 4 x LAN Indicator

Di sisi belakang router, terdapat 5 buah port Ethernet, yaitu 1 port untuk WAN dan 4 port untuk LAN. Sayangnya, menurut data dari TotoLink, kelima port tersebut baru mendukung standar 10/100 Mbps, bukan port Gigabit Ethernet yang mendukung standar 10/100/1000 Mbps. Hal ini tentunya akan menjadi penghalang bila pengguna memiliki jaringan lokal yang telah siap untuk standar Gigabit Ethernet dan ingin menggunakan router ini sebagai pintu gerbang jaringan lokal mereka ke Internet.

TotoLink N300RH - 05

Terdapat sebuah tombol di bodi perangkat ini, yang terletak di salah satu sisi samping perangkat. Tombol tersebut berfungsi ganda, yaitu sebagai tombol WPS/Reset. Bila tombol ditekan, tombol tersebut akan mengaktifkan fungsi koneksi melalui WPS. Sedangkan bila pengguna menekan dan menahan tombol tersebut, fungsi reset ke pengaturan dasar pabrik akan aktif dan membuat router kembali ke konfigurasi awal.

TotoLink N300RH - 06

Unit stand yang disertakan oleh TotoLink dalam paket penjualan router N300RH ini memungkinkan pengguna memposisikan router dalam posisi vertikal ketika digunakan. Hal itu tentunya memudahkan pengguna dalam memposisikan router ini di tempat di mana mereka ingin menggunakannya. Stand tersebut dapat dipasang dengan mudah ke bodi router dengan mekanisme sliding di lubang yang ada.

Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES