in: Gadget - News | September 18, 2014 | by: Dedy Irvan

IDF 2014: Dell Venue 8 7000, Tablet Tertipis dengan Kamera Intel

Salah satu produk paling menarik dalam Perhelatan IDF14 yang baru berlalu adalah Tablet Dell Venue 8 7000. Tablet ini dimotori prosesor Intel Moorefield (Atom quad core terbaru) yang menjamin performa tinggi. Akan tetapi, prosesor ini sebenarnya bukanlah hal yang paling unik dari Tablet ini. Mari kita lihat apa saja yang membuat tablet ini sangat menarik. Data yang kami peroleh, kami dapatkan dari hasil tanya jawab dan pengalaman memakai tablet ini sendiri selama IDF14 berlangsung.

Dell-Venue

Prosesor Intel quad core dalam tablet paling tipis di dunia!

Dell berhasil memasukkan prosesor dengan 4 inti berbasis teknologi Moorefield terbaru dan berperforma tinggi, ke dalam casing tablet yang sangat tipis, yaitu 6 mm. Ini berarti, hingga saat diumumkannya, Dell Venue 8 7000 adalah tablet yang paling tipis di dunia.

Sebagai catatan, meski tipis, tablet berlayar 8,4 inci ini kami rasakan tetap sangat kokoh. Sementara itu, prosesor Intel yang sedianya akan ditanamkan Dell ini memang belum ditentukan variannya. Jadi ada kemungkinan tablet ini bisa menggunakan prosesor seri Z3500 dengan varian hingga kisaran 2 GHz. Satu hal yang sudah pasti, prosesor ini memiliki performa tinggi dan sudah mendukung sistem 64-bit.

Dell Venue 8 7000 size

Kamera “3D” berteknologi Intel RealSense yang multifungsi

Tablet Android ini adalah tablet mungil (8,4 inci) pertama yang menggunakan kamera Intel RealSense. Keunggulan kamera ini dimanfaatkan sepenuhnya oleh Dell. Beberapa fungsi unik dengan adanya kamera ini adalah kemampuannya untuk memberi tahu jarak atau ukuran dari benda yang difoto. Kamera ini juga memungkinkan titik fokus sebuah foto untuk diatur belakangan (setelah foto diambil). Selain itu, pengendalian dengan gesture/gerakan juga rencananya akan diimplementasikan.

Dell Venue 8 7000 RealSense cam

Kamera RealSense yang dikembangkan Intel ini memang merupakan kunci dari fitur-fitur menarik yang bisa diperoleh. Karena menggunakan tambahan 2 kamera kecil, teknologi ini mampu menangkap data jarak semua obyek dari tablet. Tersedianya data tersebut membuat Dell Venue 8 7000 bisa memperhitungkan ukuran dan jarak benda-benda yang difoto.

Dell Venue 8 7000 Cam App

 

Layar 8,4” OLED QHD (2K) dengan Bezel Tipis

Salah satu “beban berat” yang harus ditanggung oleh SoC Intel di dalam Tablet Dell Venue 8 7000 ini adalah resolusi layar yang tinggi. Tablet ini menggunakan layar beresolusi 2560×1600 pixel (QHD/2K). Akan tetapi, kami tidak merasakan adanya lag saat mengoperasikannya. Tampaknya, SoC Intel Moorefield ini tidak kewalahan melayani resolusi layar yang tinggi.

Dell Venue 8 7000 screen

Di sisi lain dari spesifikasi layar, kami merasa terkesan dengan digunakannya layar OLED pada tablet ini. Kontras menjadi terasa sangat baik, terutama di sisi gelap. Seperti diketahui, layar OLED dapat menampilkan warna hitam yang sempurna gelapnya. Selain itu, Dell memilih untuk menggunakan bezel tipis (amat tipis) untuk ukuran sebuah tablet 8” ke atas. Hal ini membuatnya memiliki dimensi yang tidak terlalu besar.

 

Spesifikasi Lainnya

Selain spesifikasi di atas, tidak banyak detail lain yang kami peroleh. Sejauh ini (masih mungkin berubah), RAM tablet ini akan berukuran 2 GB dengan storage 16 GB. Ukuran storage ini mungkin tergolong kecil, akan tetapi dengan tersedianya slot MicroSD seharusnya penggunanya tidak akan menemukan masalah menyimpan file multimedia berukuran besar. Sementara itu, OS Android yang akan digunakan adalah versi 4.4.4. Tablet Dell Venue 8 7000 ini rencananya akan diluncurkan di kuartal ke-4 tahun ini. Kami belum memperoleh harga pastinya. Akan tetapi, perkiraannya akan ada di kisaran 400-500an dolar US.

 

Dell Venue 8 7000

Prosesor: Intel Moorefield (Atom seri Z3500)
Jumlah core: 4
Memori: 2GB
Storage: 16GB
Slot ekspansi: MicroSD
Jenis Layar: OLED
Resolusi Layar: 2560×16000
Ketebalan: 6 mm

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES