in: News | September 10, 2014 | by: Jagat Review

IDF 2014: Inovasi Mulai dari Wearable Device, Tablet, Hingga PC

Sesi opening keynote speech di IDF 2014 baru saja berlalu. Di sesi yang dipandu oleh sang CEO dari Intel, Bryan Krzanich, tersebut, pihak Intel banyak membahas terkait inovasi-inovasi baru mereka yang mencakup berbagai hal, mulai dari wearable device, tablet, hingga ke Personal Computer (PC). Mereka juga mengumumkan hadirnya berbagai tool yang memudahkan developer dalam mengembangkan aplikasi untuk perangkat berbasis chip dari Intel, termasuk juga untuk perangkat berbasis Android!

IDF14-keynote-day1 (1)

Keynote speech dari Bryan Krzanich diawali dengan ditampilkannya pocket avatar yang memiliki raut wajah menyerupai pemiliknya. Avatar milik sang CEO pun bisa meniru raut wajah dari sang CEO yang tengah berada di depan ribuan peserta sesi ini.

IDF14-keynote-day1 (2)

IDF14-keynote-day1 (3)

Sepanjang sesi keynote speech tersebut, Mr. Krzanich, dengan dibantu beberapa pembicara pendamping, menjelaskan berbagai hal, diawali dari penjabaran terkait perkembangan x86 dari awal digunakan hingga prediksi untuk tahun 2020 mendatang. Pihak Intel memprediksi bahwa hingga tahun 2020 mendatang akan ada total 50 miliar perangkat berbasis x86 i seluruh dunia. Intel, sebagai pihak yang banyak berkontribusi di dunia x86 tentu saja memiliki porsi yang cukup besar dari jumlah yang sangat besar tersebut!

IDF14-keynote-day1 (6)

Beralih ke wearable device, pihak Intel memperkenalkan MICA, smart bracelet hasil kreasi mereka bersama dengan perusahaan fashion ternama di Amerika Serikat. MICA sendiri telah ditampilkan di acara IFA 2014 beberapa hari lalu. Selain MICA, Intel juga mengumumkan bahwa mereka masih memiliki beberapa proyek wearable device lain yang dikerjakan bersama dengan beberapa partner.

IDF14-keynote-day1 (8)

Inovasi Intel di balik wearable device, Edison, juga turut tampil! Intel mengumumkan bahwa Edison akan tersedia di 65 negara pada akhir tahun 2014 ini, sehingga bisa menjangkau lebih banyak developer dengan harapan akan melahirkan semakin banyak perangkat-perangkat inovatif. Edison juga akan didukung oleh komunitas open source.

IDF14-keynote-day1 (10)

Intel juga memperkenalkan program A-Wear, yaitu analisis dari data yang dikumpulkan dari wearable device. Dengan mengumpulkan data dari wearable device dan menganalisa data-data tersebut, berbagai pihak diharapkan bisa mendapatkan gambaran terkait hal-hal baru yang bisa dikembangkan untuk masa depan. Banyaknya perangkat yang akan beradar di pasaran di masa yang akan datang tentu saja membuat banyak sekali peluang untuk menciptakan suatu inovasi baru sebagai hasil dari analisis A-Wear ini.

IDF14-keynote-day1 (11)

IDF14-keynote-day1 (12)

Beralih ke perangkat personal. Inovasi yang melahirkan berbagai perangkat komputasi pribadi sangatlah pesat dalam waktu beberapa tahun terakhir ini. Berbagai bentuk perangkat baru muncul sebagai hasil usaha Intel dan beberapa partner mereka. Kini, Intel akan kembali memicu lahirnya berbagai perangkat baru dengan diperkenalkannya prosesor baru, Core M. Hingga IDF 2014 ini, beberapa produsen telah mengumumkan bahwa dalam waktu dekat ini, di awal Oktober 2014, mereka akan merilis produk menarik dengan basis Core M, antara lain Acer dengan Aspire Switch 12, Asus dengan Transformer Book T300FA dan Transformer T300 Chi, Dell dengan Latitude 13 7000, HP dengan Envy x2, serta Lenovo dengan Thinkpad Helix baru.

IDF14-keynote-day1 (13)

IDF14-keynote-day1 (15)

Untuk segmen Personal Computer, Intel memperkenalkan prosesor Core i Series 5th Generation, dengan arsitektur Skylake. Walaupun kehadiran dari prosesor tersebut masih cukup lama, diperkirakan di paruh kedua tahun 2015 mendatang, Intel telah menampilkan sebuah desktop dan laptop yang menggunakan prosesor tersebut di IDF 2014 ini! Informasi lebih lanjut terkait hal tersebut bisa Anda baca di artikel ini.

IDF14-keynote-day1 (16)

IDF14-keynote-day1 (17)

Selanjutnya, untuk perangkat gadget, Intel mengumumkan akan hadirnya berbagai tablet baru dengan basis prosesor Intel dalam waktu dekat ini. Mereka juga mengumumkan dukungan pada adopsi LTE ke perangkat gadget melalui chip baru mereka, XMM 726x. Salah satu perangkat pertama yang mendapatkan dukungan LTE berkat chip tersebut adalah Samsung Galaxy Alpha. Dalam waktu dekat, beberapa produsen gadget pun dikabarkan akan mengadopsi chip tersebut.

IDF14-keynote-day1 (20)

Dukungan Intel untuk pengembangan gadget baru juga terus ditingkatkan, termasuk dengan diperkenalkannya program mempercepat pengembangan perangkat Android berbasis prosesor Intel dan juga wearable device inovatif. Untuk pengembangan perangkat Android, Intel, bekerja sama dengan Google, memperkenalkan Intel Reference Design. Program tersebut akan membantu developer perangkat Android berbasis prosesor Intel untuk mendapatkan versi OS Android yang sudah disesuaikan dengan prosesor yang digunakan dalam perangkat tersebut.

IDF14-keynote-day1 (23)

Menjelang akhir sesi keynote-nya, Krzanich mengundang Michael Dell, pendiri dari Dell, untuk memperkenalkan tablet baru perusahaan tersebut yang dilengkapi dengan teknologi RealSense Snapshot Depth Camera. Tablet Venue 8 7000 Series tersebut mampu mendeteksi objek secara tiga dimensi dan mendapatkan hasil yang akurat terkait bentuk sesungguhnya dari sebuah objek. Hadirnya tablet tersebut tentunya akan membawa teknologi canggih yang dikembangkan oleh Intel lebih dekat ke pengguna akhir, sehingga pengguna akhir bisa merasakan berbagai hal yang menakjubkan dari tangan mereka.

 

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES