in: News | September 18, 2014 | by: Dedy Irvan

IDF 2014: Intel Sudah Siap untuk DirectX 12

Jika kita membahas VGA terintegrasi pada prosesor Intel, mungkin kita tidak akan berfikir mengenai gaming. Akan tetapi seiring dengan kian meningkatnya performa grafis IGP Intel, maka sudah sepantasnya kita mempertanyakan kesiapan Intel menyongsong DirectX12 mendatang.

DirectX 12 Demo - 01

Demo Asteroid

DirectX 12 Demo - 02

Di sebuah booth dalam pagelaran teknologi IDF14, Intel menampilkan sebuah demo yang menampilkan asteroid dalam jumlah banyak. Demo ini menampilkan 50.000 Asteroid dalam sebuah scene sekaligus. Dalam demo ini, Intel memperlihatkan bagaimana efek dari penggunaan DirectX11 dibandingkan dengan Direct12.

DirectX 12 Demo - 03
DirectX 11
DirectX 12 Demo - 04
DirectX 12

Saat menggunakan DirectX11, demo ini berjalan dengan frame rate di kisaran 20 fps. Uniknya, saat dipindah ke mode DirectX12, demo bekerja dengan lebih baik dan menyuguhkan frame rate di atas 30 fps. Sebuah peningkatan yang cukup signifikan, bukan? Pihak Intel menambahkan bahwa peningkatan performa ini diiringi dengan penurunan konsumsi daya sistem secara keseluruhan. Hal ini dimungkinkan karena DirectX12 pada dasarnya melakukan optimalisasi yang sangat dibutuhkan saat ini.

Haswell pun Siap

Ketika ditanyakan mengenai kesiapan driver DirectX12, pihak Intel menjawab bahwa mereka saat ini sudah menyiapkan driver untuk VGA di dalam prosesor Haswell dan prosesor-prosesor berikutnya. Apakah Ivy Bridge dan Sandy Bridge akan menerima driver yang dioptimalkan untuk DirectX12, masih belum bisa dipastikan hingga saat ini.

 

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES