in: News | September 18, 2014 | by: Dedy Irvan

IDF 2014: Intel Sudah Siap untuk OpenCL 2.0 dengan SVM

OpenCL 2.0 akan memungkinan prosesor dan VGA bekerja sama dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan. Pekerjaan yang cenderung “serial computing” akan dikerjakan prosesor, sementara pekerjaan yang cenderung “parallel computing” akan dikerjakan oleh VGA. Pendekatan ini membutuhkan SVM atau Shared Virtual Memory.

Intel Open CL 2.0 - SVM - 01

Singkat kata, SVM atau Shared Virtual Memory adalah kondisi dimana prosesor dan VGA dapat melihat alamat memori yang sama. Hal ini sama dengan konsep dalam HSA yang dikenal dengan nama hUMA (heterogeneous Unified Memory Architecture). Dalam pembahasan terdahulu (tahun lalu), kami pernah mempertanyakan mengenai kemungkinan Intel mengembangkan teknologi ini. Tahun ini, kami disuguhkan dengan implementasinya oleh Intel.

Intel Open CL 2.0 - SVM - 02

Mulai dari Broadwell

Kemampuan prosesor dan VGA untuk saling “mengintip” data satu dengan lainnya ini diawali dari prosesor Intel berbasis teknologi Broadwell. Teknologi ini disematkan ke dalam VGA dari prosesor-prosesor berbasis Broadwell, termasuk Core M.

Intel Open CL 2.0 - SVM - 03

Dalam sebuah demo di salah satu booth IDF14, kami diperlihatkan sebuah sistem yang menjalankan kode OpenCL 2.0 dengan SVM diaktifkan. Board dengan basis prosesor Broadwell tanpa kipas digunakan untuk menampilkan demo ini. Demo yang dipertujukkan memang belum bisa dikatakan sebagai demo nyata, karena OpenCL 2.0 pun baru saja diumumkan. Akan tetapi, pihak Intel menjamin bahwa sistem ini sudah 100% siap untuk melahap perintah dengan OpenCL 2.0 dengan memanfaatkan SVM.

Sebuah catatan kecil yang melegakan adalah saat kami menanyakan sejauh mana kesiapan driver Intel, “apakah driver ini sama dengan driver umum yang bisa digunakan untuk memanfaatkan IGP memainkan game 3D?”, jawabannya singkat dan jelas, “ya, tentu saja sudah siap untuk keduanya.”

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES