in: News | September 9, 2014 | by: Ozal

Intel: Wireless Charging Laptop Hadir Tahun Depan

Pengisian daya perangkat secara nirkabel atau wireless charging sudah cukup populer di perangkat smartphone. Kini, tinggal menunggu waktu, teknologi itu bakal merambah ke perangkat laptop. Intel mengupayakan, teknologi pengisian nirkabel untuk laptop bakal hadir perdana tahun depan.

intel

Saat ini, Intel sedang mengembangkan sirkuit yang dibutuhkan untuk teknologi pengisian nirkabel di laptop. Hasil pengembangannya itu bakal dikirimkan ke beberapa OEM atau vendor PC, seperti Dell, Lenovo, Asus, dan Pansonics, lalu diaplikasikan ke produk laptop mereka.

Sejauh ini, Intel baru bisa mengembangkan sirkuit pengisian nirkabel yang mampu menghasilkan daya dikisaran 20-50 watt. Kapasitas tersebut hanya untuk penggunaan laptop secara umum saja. Sementara untuk keperluan gaming atau laptop dengan layar beresolusi tinggi tidak akan cukup.

Ini tinggal masalah waktu, pengisisan nirkbel bakal jadi populer setelah dirilis perdana mulai tahun depan. “Dalam beberapa tahun ke depan, Anda akan melihat ratusan ribu pengisian nirkabel. Keinginan Intel ialah pengisian nirkabel berkembang dari wearable ke ponsel ke tablet lalu ke PC,” ujar Wakil Presiden Intel, Kirk Skaugen, seperti dikutip dari Computer World.

Pengisian secara nirkabel ini merupakan bagian dari sekian banyak rencana besar “Intel Inside” dalam menciptakan standar teknologi di PC yang bebas kabel. Sebagai contoh, Intel berhasil mengupayakan keyboard, mouse, monitor, hingga harddisk eksternal tak perlu lagi pakai kabel agar bisa terhubung ke PC. Dalam waktu dekat, Intel juga akan menghilangkan fungsi plug HDMI dan DisplayPort, lalu digantikan dengan koneksi nirkabel jenis baru, WiGig yang diklaim sepuluh kali lebih cepat dari WiFi 802.11n.

Tags:

Share This: