in: News - Overclocking | September 26, 2014 | by: Dian Syarifuddin

JagatReview AMD OC Challenge: Lomba OC AMD Khusus Mahasiswa

AMDOCChallenge

JagatReview.com bekerjasama dengan Universitas Multimedia Nusantara dan AMD, serta segenap sponsor lainnya, mempersembahkan sebuah kompetisi overclocking yang diberi nama JagatReview AMD OverClocking Challenge. Kompetisi overclocking yang akan berlangsung di Universitas Multimedia Nusantara pada hari Rabu, tanggal 1 Oktober 2014 ini hanya boleh diikuti oleh para peserta overclocker yang saat ini masih tercatat aktif sebagai mahasiswa.

Sebelum mengikuti ajang kompetisi overclocking tersebut, para peserta nantinya bisa mengikuti sesi Workshop Overclocking terlebih dahulu. Pada sesi tersebut, para peserta akan disuguhkan beragam informasi seputar overclocking dari pembicara yang cukup ahli dibidangnya, yakni Alva “Lucky_n00b” Jonathan dari JagatOC Team.

Berikut ini detail dari kompetisi AOCC tersebut:

A. Persyaratan Peserta

  1. Peserta merupakan Warga Negara Indonesia(WNI), dan berstatus Mahasiswa aktif dalam kegiatan perkuliahan, yang belum dinyatakan lulus oleh universitasnya.
  2. Kompetisi diikuti dengan format tim berisi 2(dua) orang. Kedua peserta HARUS berasal dari kampus yang sama

Pendaftaran dilakukan dengan melampirkan fotokopi kartu identitas(KTP, Kartu mahasiswa). Untuk informasi lebih lengkap mengenai pendaftaran, silahkan menghubungi Anthon (0838 0860 8898), atau masuk ke URL pendaftaran yang disediakan oleh pihak UMN disini.

 

B.Hardware/Software List

  • CPU : AMD A8-6600K ‘Richland’ APU
  • Motherboard : MSI FM2+, A88X Chipset, A88X-G45 Gaming
  • RAM :  TBA
  • VGA : Integrated(IGP) AMD Radeon HD 8570D (256 Radeon Cores)
  • Storage : HGST Desktar NAS 3TB SATA HDD
  • PSU : Digital Alliance Tarantula 700W 80+
  • Monitor: BenQ GW2255 21.5”, 1080p
  • OS: Windows 7 64-bit SP1 Ultimate

Pre-installed software:

  • CPU-Z 1.70.0, GPU-Z 0.7.9
  • AIDA64 v4.60
  • AMD Overdrive
  • Futuremark 3DMark (2013) v1.3.708
  • SuperPI XS 1.5
  • Cinebench R15

 

C. Peraturan Umum

  • Peserta DILARANG membawa catatan / note ke dalam arena lomba dalam bentuk apapun (media kertas, foto dalam smartphone/tablet,etc). Panitia akan memberikan kertas kosong dan Alat tulis untuk peserta pada hari lomba untuk keperluan mencatat
  • Peserta dihimbau untuk TIDAK menggunakan alat komunikasi elektronik (kecuali untuk keadaan darurat) di dalam arena ketika saat lomba, komunikasi harap dilakukan di LUAR arena lomba.
  • Setiap tim akan menerima 1(satu) set hardware, yang terdiri dari masing-masing 1(satu) CPU, 1(satu) Mainboard, 1(satu) set memori DDR3, 1(satu) buah perangkat storage, dan 1(satu) buah PSU serta stock CPU heatsink.
  • Panitia akan memastikan bahwa SEMUA peralatan yang disediakan untuk peserta akan berfungsi normal sebagaimana mestinya sebelum lomba dimulai, Peserta TIDAK akan mendapatkan ganti apabila hardware yang digunakan rusak setelah lomba berjalan.
  • Apabila OS yang disediakan dalam storage rusak setelah lomba dimulai, peserta diberikan kesempatan untuk meng-clone HDD-nya pada clone station yang disediakan panitia, tanpa tambahan waktu.
  • Peserta DILARANG mengganti VERSI BIOS dari setiap motherboard yang digunakan.
  • Peserta DILARANG KERAS mengganti resolusi benchmark 3DMark selain yang ditetapkan dari default-presetnya.
  • Peserta DILARANG KERAS membawa dan menggunakan eksternal storage milik sendiri. (USB Flash Drive, USB HDD/SSD, USB Optical Drive).- INSTANT DISQUALIFICATION bagi yang melanggar rule ini
  • Semua bentuk modifikasi hardware (hardmod) TIDAK diijinkan pada kontes ini. Lapping IHS CPU atau membuka IHS CPU juga TIDAK DIIJINKAN
  • PESERTA TIDAK DIPERKENANKAN MEMBUKA CPU DARI SOKETNYA.
  • Tindakan tidak sportif, tindakan yang mengganggu jalannya perlombaan serta tindakan yang mengganggu peserta lain akan dikenakan sanksi WARNING. Tim yang menerima 3(tiga) kali warning berturut-turut akan DIDISKUALIFIKASI.
  • Sebagai aturan umum, Rule Hwbot.org berlaku pada semua benchmark yang digunakan. Semua aksi yang melibatkan CHEATING (mipmap force disable,speedhack, mengedit screenshot,dsb) akan mengakibatkan KEDUA Personil dalam tim untuk DIDISKUALIFIKASI dari pertandingan dan semua skornya diNOLkan.
  • Master Judge BERHAK untuk meminta setiap tim untuk mengulang hasil benchmarknya untuk tujuan verifikasi.
  • Pada benchmark 3DMark, skor Benchmark yang naik drastis karena terjadi artifak / layar blank HARUS bisa diulang untuk membuktikan bahwa skor tersebut valid, bukan ‘bugged run’.
  • Keputusan Master Judge adalah FINAL dan tidak dapat diganggu-gugat.

 

 

 

 

D.Perlengkapan Yang boleh dibawa Peserta

Peserta diperbolehkan membawa :

  • Thermal Paste (catatan : thermal paste liquid metal seperti Indigo Extreme dan Coollaboratory LiquidPro berpotensi merusak struktur heatspreader pada CPU, sehingga TIDAK boleh digunakan)
  • Cooling equipment untuk CPU, terbatas pada Heatsink Fan dan Watercooling closed-loop
  • Peralatan seperti obeng, tang,dsb
  • Kabel SATA
  • Multitester / DMM
  • Debug / POST-Code LED
  • UPS (uninterruptible Power Supply)
  • AVR (Automatic Voltage Regulator) / stabilizer

Peraturan Tambahan mengenai watercooling:

  • Definisi singkat watercooling ‘closed-loop’ disini adalah watercooling yang TIDAK menggunakan RESERVOIR TERBUKA(misal: ember,dsb). Custom watercooling parts DIIJINKAN selama semua komponen pendingin(waterblock,pump,reservoir,radiator) beserta interkoneksi-nya tertutup.
  • Panitia menghimbau untuk semua pengguna custom watercooling untuk melakukan pengisian air / coolant di LUAR arena lomba SEBELUM lomba berlangsung supaya mengurangi resiko tumpah/bocor.
  • Peserta hanya diijinkan menggunakan waterblock pada komponen CPU saja. Penggunaan waterblock pada VRM motherboard, PCH/chipset motherboard, dan RAM TIDAK DIIJINKAN.
  • Penggunaan pendingin aktif(misal : TEC/Peltier) pada komponen watercooling TIDAK DIIJINKAN.

Peraturan Tambahan mengenai pendingin:

  • Penggunaan komponen pendingin ekstrim(seperti Es batu, Dry Ice, Liquid Nitrogen, Liquid Helium,dsb) SANGAT DILARANG dan tidak boleh ada pada lokasi kompetisi.
  • Perangkat elektronik yang dapat mengubah suhu ambient dan/atau komponen PC peserta secara drastis, seperti Kulkas, AC , Waterchiller, Portable Room Cooler, Peltier/TEC, Single Stage/ Cascade Phase Change, Dry Ice Freeze Box , dsb TIDAK DAPAT digunakan pada kompetisi ini.
  • Tambahan Kipas / blower DC atau AC dapat digunakan untuk pendinginan ekstra, selama mereka dinilai tidak mengganggu peserta lainnya.

E. Rundown Lomba – 1 Oktober 2014

  • 14:00 – 15.00 Workshop Overclock AMD / Technical Meeting Lomba
  • 15:00 – 15.30 Persiapan Peserta + Undian Meja
  • 15:30 – 18.30 Sesi Kompetisi
  • 18:30 – 19:00 Judging dan Verifikasi
  • 19:00 – 19:30 Pengumuman Pemenang

F. Benchmark

Selama kurang lebih 3(tiga) jam pertandingan, benchmark yang akan dipertandingkan adalah sebagai berikut :

  • 3DMark Cloud Gate
  • 3DMark Fire Strike
  • Cinebench R15
  • SuperPi 1M

G. Scoring/Submit

Saat pertandingan dimulai dan TIMER dinyalakan, peserta boleh men-submit skor benchmark mereka, dan meng-updatenya berkali-kali, selama skor tersebut dibuat pada waktu pertandingan. Saat waktu habis (menunjukkan 00:00), peserta TIDAK diijinkan untuk MENJALANKAN BENCHMARK, dan HANYA diijinkan untuk MENYELESAIKAN benchmarknya kalau masih berjalan.  

Saat benchmark selesai, peserta harus membuat Screenshot validasi yang berisi:

  • Untuk Benchmark SuperPi dan Cinebench R15: benchmark window + Test Details, 4x CPU-Z Tab (CPU, Motherboard, Memori dan SPD).
  • Untuk benchmark 3DMark Fire Strike dan 3DMark Cloud Gate: benchmark window + Test Details, 4x CPU-Z Tab (CPU, Motherboard, Memori dan SPD) + 1x GPU-Z (Tab Graphics )

Di semua benchmark, peserta WAJIB menggunakan wallpaper AOCC. Panitia akan menyediakan Capture Tool tersendiri untuk memudahkan proses pengambilan screenshot.

Peserta DILARANG menyimpan screenshot lalu men-submitnya belakangan, submit skor harus dilakukan segera setelah skor ditampilkan pada layar. Setelah melakukan submission, peserta DIPERBOLEHKAN untuk menyimpan screenshot di HDD lomba sebagai alat bantu VERIFIKASI skor saat lomba berakhir. PESERTA YANG FILE VERIFIKASINYA HILANG/CORRUPT, OTOMATIS SKORNYA AKAN DITARIK DARI PAPAN SKOR.

Penting: Untuk mencegah adanya peserta yang mensubmit skor dalam keadaan default, pihak panitia akan membuat sebuah skor baseline untuk setiap benchmark. PESERTA YANG SKORNYA DIBAWAH SKOR BASELINE, TIDAK BISA MEMASUKI PAPAN SKOR. Nilai baseline ini akan diumumkan saat Technical meeting

H. Points

– Peserta akan mendapat poin setiap akhir sesi berdasarkan posisi skornya dalam benchmark.

– Poin yang akan mereka dapatkan adalah sebagai berikut

  • Posisi 1: 10 Points
  • Posisi 2: 7 Points
  • Posisi 3: 5 Points
  • Posisi 4: 3 Points
  • Posisi 5-10 : 1 Points
  • Tim yang gagal mencatatkan skor benchmark pada scoreboard akan mendapat 0(NOL) Point.

– Tim yang mendapatkan TOTAL POIN TERTINGGI dari ke-3 benchmark, akan keluar sebagai pemenang.

– Seandainya ada tim yang mendapat poin total sama, pemenang akan diambil berdasarkan siapa yang mendapat skor tertinggi pada benchmark 3DMark Fire Strike.

Bagi Anda yang merasa tertantang dan ingin mencoba kemampuan untuk mengikuti kompetisi overclocking ini, langsung saja segera daftarkan tim Anda, dengan syarat bahwa tim Anda masih terdaftar sebagai mahasiswa yang masih aktif.

I. Peserta

Berikut ini adalah peserta yang telah diterima untuk berpartisipasi dalam turnamen ini:

Peserta AMD OCC

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES