in: News | September 19, 2014 | by: Ozal

Panasonic Umumkan Smartphone Bersensor Kamera 1 Inci

Panasonic membuat persaingan terhadap Samsung dengan mengumumkan smartphone Android yang dibekali teknologi kamera high-end, Lumix DMC-CM1. Smartphone ini menggabungkan teknologi dari dua nama besar di industri kamera, Panasonic Lumix dan Leica.

lumix 2

Lumix DMC-CM1 dilengkapi ukuran sensor terbesar yang pernah ada di smartphone, yakni 1 inci dengan resolusi 20MP. Ini merupakan ukuran sensor yang sama dengan kamera Sony RX10 atau Nikon 1-series. Ini juga jauh lebih besar dari sensor 1/3 inci yang umumnya terpasang di smartphone. Sensor juga dipasangkan lensa Leica DC Elmarit f/2,8 dengan focal length 28mm (ekuivalen full-frame).

Perangkat tersebut mampu merekam video beresolusi 4K (3840 × 2160 pixel). Pengambilan gambar secara manual juga turut disediakan sehingga bisa leluasa mengatur tingkat fokus, aperture, shutter speed, ISO 100-25.600, dan white balance.

Untuk spesifikasinya sendiri, Lumix DMC-CM1 masuk dalam kategori high-end dan di atas Galaxy K-Zoom milik Samsung. Lumic lebih tepat disejajarkan dengan flagship, seperti Samsung Galaxy S5, LG G3, dan HTC One M8. Dapur pacunya ditopang prosesor quad-core Snapdragon 901 berkecepatan 2,3GHz dan RAM 2GB. Sedangkan layar 4,7 incinya memiliki reolusi fullHD.

Adapun spesifikasi lainnya, yakni memory internal 16GB dengan dukung microSD hingga 128GB, baterai berkapasitas 2600mAh, mendukung jaringan LTE-4G, dan sudah dibenami Android 4.4 KitKat. Sayangnya, Lumix DMC-CM1 tampak lebih tebal dari kebanyakan smartphone high-end saat ini, yaitu 21mm.

lumix

Rencananya, seperti dikutip dari DPreview, Lumix DMC-CM1 akan diumumkan perdana dalam ajang Photokina mulai pekan depan di Jerman. Sejauh ini, pasar yang ditujunya ialah Eropa dan akan tersedia mulai November mendatang. Lumix DMC-CM1 diprediksi bakal dijual 900 euro atau sekitar Rp 13,8 juta.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES