in: Direct Release | September 5, 2014 | by: Jagat Review

[PR] Penelitian Kaspersky Lab : Era Windows XP Segera Berakhir

Penelitian Kaspersky Lab : Era Windows XP Segera Berakhir

Lebih dari 16% pengguna PC yang setuju untuk memberikan data untuk Kaspersky Security Network, yang didistribusikan secara global, ternyata mengerjakannya pada komputer yang berjalan pada sistem operasi Windows XP di bulan Juni 2014. Fakta ini membawa implikasi potensial terhadap keamanan informasi.

Kaspersky-Lab

Angka-angka pada grafik di atas merupakan hasil temuan dari “Windows usage and vulnerabilities research” yang dilakukan oleh para ahli Kaspersky Lab di musim panas 2014.

Penelitian ini juga menilai proporsi pengguna Windows XP di antara semua pengguna produk Kaspersky Lab berbasis Windows di setiap negara. Hasil yang didapatkan adalah Vietnam berada di posisi teratas, sebanyak 38,79% pengguna lebih memilih untuk bekerja menggunakan Windows XP. Posisi berikutnya adalah Cina dengan 27.35%, India dengan 26.88%, dan Aljazair dengan 24.25% pengguna yang tetap setia dengan sistem operasi legendaris ini. Kira-kira satu dari lima komputer yang dilindungi oleh produk Kaspersky Lab, masih berjalan di bawah Windows XP di Italia (20,31%) dan Spanyol (19.26%). Sementara sebagian kecil pengguna di Amerika Serikat (4.52%) masih terus menggunakan Windows XP.

Kapersky.tabel

Meskipun dukungan teknis bagi pengguna Windows XP terus berlangsung hingga April 2014, namun kenyataannya penjualan sistem operasi ini dihentikan sejak tahun 2010. Hal ini, bagaimanapun, tidak berpengaruh banyak pada popularitas Windows XP karena menurut data Kaspersky Lab pada Juni 2011, setahun setelah penjualan berakhir, 48,86% pengguna produk Kaspersky Lab masih menggunakan Windows XP. Setelah satu tahun, pada bulan Juni 2012, ada 35,64%, dan pada bulan Juni tahun 2013, 25.42% dari pengguna masih menggunakan Windows XP.

Dengan kata lain, popularitas Windows XP menurun kira-kira sebesar 10 persen setiap tahun. Menariknya, penurunan jumlah pengguna Windows XP bukan dipengaruhi oleh peristiwa eksternal yang berpotensi bisa mempercepat penurunan jumlah pengguna, seperti peluncuran Windows 8.1 di Oktober 2013 atau penghentian perpanjangan dukungan terhadap Windows XP: di bulan November 2013 teradapat 21,42% pengguna XP; dan di bulan Juni 2014 jumlahnya turun ke 16,37%, turun sebesar 5.05 persen atau kira-kira setengah dari total penurunan tahunan dari popularitas XP.

Sebaliknya Windows 8.1, yaitu sistem operasi Windows terbaru untuk saat ini, memiliki pangsa pasar 7,22% di bulan Juni 2014. Hasil ini 1 persen lebih baik dari pendahulunya Windows 8. Dari akhir Oktober 2012 hingga Juni 2013, Windows 8 telah terinstal di komputer dari 6.22% pengguna produk Kaspersky Lab. Meningkatnya tingkat penggunaan dari Windows 8.1 kemungkinan terkait dengan fakta bahwa Windows 8 adalah yang pertama dalam sistem operasi Microsoft yang mendukung upgrade ke versi terbaru melalui sistem upgrade yang disertakan melalui toko aplikasi Windows resmi. Selain itu, pengguna Windows 8 memiliki pilihan bebas untuk meng-upgrade ke Windows 8.1, yang juga memainkan peran dalam seberapa cepat versi baru diadopsi.

Jika dilihat dari masing-masing negara dalam hal berapa banyak pengguna telah meng-upgrade ke sistem baru, maka posisi teratas adalah Amerika Serikat (16,27%), Kanada (13.52%), Jerman (11,17%), Inggris (10.79%), Perancis (10.31%), Italia (8,1%), Rusia (5.14%) dan India (2,91%).

“Statistik Kaspersky Security Network menunjukkan bahwa zaman XP akhirnya sudah mendekati ujungnya. Namun, proporsi yang cukup besar dari pengguna masih menjalankan sistem operasi versi lama. Sistem pemeliharaannya telah dihentikan oleh Microsoft, yang berarti bahwa produsen tidak akan lagi merilis update keamanan atau memperbaiki kerentanan yang mungkin masih ada dalam sistem. Jika penulis virus menemukan kerentanan tersebut, maka pengguna XP akan berada di bawah ancaman,” kata Vyacheslav Zakorzhevsky, Head of Vulnerability Research Team di Kaspersky Lab.

Teknologi Perlindungan

Untuk meminimalkan risiko menghadapi serangan yang melibatkan kerentanan, ahli Kaspersky Lab menganjurkan agar pengguna memperbarui perangkat lunak mereka secara teratur dan menggunakan solusi keamanan yang handal yang dilengkapi dengan teknologi untuk melawan serangan eksploitasi.

Teknologi seperti ini terdapat dalam produk home user Kaspersky Lab – Kaspersky Anti-Virus, Kaspersky Internet Security Multi-Device dan Kaspersky PURE – serta terdapat juga di solusi pengguna korporat : Kaspersky Small Office Security dan Kaspersky Endpoint Security for Business.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES