[PR] Robot Industri dari Universal Robots, UR5 dan UR10, Disempurnakan dengan Sistem Keamanan Baru dan Mendapat Sertifikasi Internasional

Reading time:
September 9, 2014

Robot Industri dari Universal Robots, UR5 dan UR10, Disempurnakan dengan Sistem Keamanan Baru dan Mendapat Sertifikasi Internasional

Jakarta, 9 September 2014 – Universal Robots, perusahaan manufaktur lengan robot fleksibel untuk industri asal Denmark, memperkenalkan inovasi terbaru yang diterapkan pada robot ringan UR5 dan UR10 untuk memaksimalkan proses produksi di seluruh sektor industri manufaktur. Robot UR5 dan UR10 kini dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan serta interaksi baru dengan tetap mempertahankan bobot yang ringan dan kemudahan penggunaan. Tampilan visual dari keenam sendi lengan untuk menangani bobot 5/10 kg, tetap tidak berubah. Akan tetapi di dalam lengan robot tersebut, serta di dalam sistem pengendalinya, terdapat penambahan fitur baru yang revolusioner.

Photographer

Fitur-fitur spesial yang ditambahkan pada lengan robot ini adalah sistem encoder absolut, delapan fungsi kea-manan yang fleksibel, jumlah I/O built-in dua kali lipat dan perluasan cara-cara menghubungkan peralatan ke kotak pengontrol. Universal Robots terus memperkuat kolaborasi manusia dan robot dengan produk generasi terbarunya ini. Bahkan, sistem keamanan dari generasi terbaru ini telah memiliki sertifikat dari TÜV.

“Kami adalah satu-satunya perusahaan manufaktur lengan robot ringan yang telah memiliki pengalaman panjang di berbagai jenis industri. Departemen R&D kami bekerja keras untuk mengintegrasikan masukan dan saran dari end user dalam mengembangkan produk kami,” ujar Enrico Krog Iversen, CEO Universal Robots.

Berikut sekilas inovasi teknis yang disempurnakan pada edisi lengan robot terbaru ini:

‘True Absolute Encoder’
Inovasi utama dari generasi terbaru UR robot ini adalah fitur True Absolute Encoder atau Sistem Encoder Absolut. Perbaikan teknis ini membuat pengaktifan lengan robot menjadi jauh lebih cepat. Posisi absolutnya dapat dikenali segera setelah robot dinyalakan, tidak lagi membutuhkan pemanasan pada saat awal pengaktifan lengan robot tersebut. Jadi, UR5 dan UR10 kini cocok untuk pengaktifan otomatis – dan tidak lagi membutuhkan baterai tambahan untuk fungsi ini.

“Dengan ditambahkannya True Absolute Encoder, lengan robot kami dapat diintegrasikan dengan lebih mudah ke dalam mesin-mesin lain. Pengaktifannya juga menjadi lebih cepat dan lebih sederhana untuk semua aplikasi,” jelas Esben H. Østergaard, Universal Robots CTO.

Sistem Keamanan Fleksibel Yang Dipatenkan
Pengaturan keamanan generasi terbaru lengan robot ringan dari Universal Robot ini dapat disesuaikan dengan tiap solusi serta jenis-jenis kebutuhan yang spesifik. Lengan robot ini dapat dijalankan dalam dua cara pengo-perasian fungsi keamanan : cara yang normal dan cara pengurangan. Pengubahan pengaturan keamanan ketika lengan robot tersebut beroperasi juga bisa dilakukan. Caranya, kedelapan fungsi keamanan tersebut dimonitor oleh sistem keamanan terbaru yang sudah dipatenkan ini: kecepatan dan posisi gabungan, posisi TCP, orientasi, kecepatan dan daya, serta momentum dan tenaga robot. Perubahan pengaturan tangan robot tersebut dilindungi oleh sandi rahasia. Semua fungsi-fungsi kemanan ini berperingkat keamanan PL d dan sudah mendapat sertifikasi dari lembaga internasional TÜV.

“Konsep keamanan terbaru kami yang sudah dipatenkan merupakan pengembangan logis dari lengan robot kami sebelumnya. Robot UR5 dan UR10 yang sudah diperbarui dapat dioperasikan dalam mode-mode yang berbeda, tergantung konteks penggunaannya. Contoh, ketika seseorang memasuki ruang kerja lengan robot, robot tersebut dapat terus beroperasi dalam mode rendah (lebih aman), dan kembali ke kecepatan penuh ketika orang tersebut menjauhi robot. Atau robot tersebut berjalan pada kecepatan penuh ketika berada di dalam mesin CNC, dan kemudian mengurangi kecepatannya ketika berada di luar mesin tersebut,” ujar Østergaard.

Sertifikasi TÜV untuk UR Safety 3.0
Sistem keamanan UR Safety 3.0 dari generasi terbaru UR5 dan UR10 besutan Universal Robots ini disertifikasi oleh TÜV Nord dan diuji berdasarkan EN ISO 13849:2008 PL d dan EN ISO 10218-1:2011, Klausa 5.4.3.

Inovasi-inovasi Yang Akan Datang
Enam belas I/O digital tambahan, yang mudah dikonfigurasi baik dalam sinyal digital atau sinyal aman, desain kotak kendali baru, dan sistem pengontrol terbaru merupakan perbaikan-perbaikan yang akan ditambahkan di masa mendatang.

Berfokus pada fleksibilitas dan kemudahan penggunaan
Gabungan enam sendi yang hemat biaya dari lengan robot UR5 dan UR10 ini dikhususkan untuk UKM. Berkat bobot ringan dan kemudahan penggunaannya melalui panel sentuh, beraneka ragam aplikasi dapat diprogram dengan cepat tanpa pelatihan kompleks atau pendidikan teknologi mendalam.

“Dengan lengan robot yang fleksibel, kami menargetkan pada grup yang luas – apakah itu bongkar pasang dengan mesin CNC oleh perusahaan bertenaga kerja hanya 10 orang ataupun proses perekatan pada manufaktur otomotif, setiap jenis industri tersebut mendapatkan keuntungan dari robot kami. Karena, robot-robot ini mengerjakan tugas membosankan dan berbahaya yang harus dikerjakan oleh tenaga manusia sebelumnya,” kata Iversen.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Bukan CGI, Dragon’s Dogma 2 Gunakan Video Daging Asli untuk Animasi Memasak

Apalah arti sebuah game petualangan yang tidak mampu memberikan Anda…
March 7, 2024 - 0

Frostpunk 2 Rilis Juli 2024

Membangun kota seindah dan seefektif mungkin, menatanya serapi yang Anda…
March 7, 2024 - 0

The First Berserker: Khazan Pamer Gameplay Baru, Rasa Souls

Sulit untuk membantah bahwa teaser perdananya di The Game Awards…
March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…