in: Movies | September 5, 2014 | by: Friska Suryawinata

Review Film Hercules (2014): Penuh Aksi dengan Alur Lurus

hercules-poster-2

Walaupun mungkin akan terdengar janggal, tetapi tahun 2014 merupakan tahun di mana Anda sebagai pecinta film akan menemukan dua buah film yang bertemakan kisah mitologi klasik, Hercules. Mungkin sebelumnya Anda telah menonton film bertemakan Hercules yang bertajuk “The Legend of Hercules” yang hadir di awal tahun 2014 kemarin, akan tetapi film yang hanya berjudulkan “Hercules” ini ternyata menyajikan hal yang secara signifikan berbeda dengan film pertama tersebut, mengingat studio yang menanganinya juga berbeda satu dengan yang lainnya.

Lantas apa yang membuat film “Hercules” ini berbeda dengan film “The Legend of Hercules”? Perbedaan tersebut terlihat dari kisah yang diberikan sekaligus latar belakang tokoh Hercules yang diperankan oleh Dwayne “The Rock” Johnson tersebut. Perlu diingat juga bahwa review ini kemungkinan besar akan mengandung spoilers.

Plot Utama

hercules600x271

Kisah dimulai dengan bagaimana Hercules bersama dengan para kawanan pemburu hadiahnya berhasil menyelesaikan sebuah misi yang mereka ambil demi mendapatkan uang imbalan. Karena nama dan kisah-kisah legenda tentang Hercules telah tersebar cukup luas,  suatu hari Hercules didatangi oleh seorang Tuan Puteri dari Kerajaan Thrace yang meminta pertolongannya untuk membantu kerajaan tersebut dalam melindungi kerajaan sekaligus merebut kembali tanah Thrace yang dikuasai satu-persatu oleh kubu lawannya yang dikatakan tak terkalahkan, Rheseus.

Hercules, mengetahui fakta bahwa para prajurit yang tersisa dari Kerajaan Thrace tersebut ternyata belum siap untuk berperang, akhirnya turun untuk mengajarkan mereka tentang bagaimana caranya untuk bisa berperang sekaligus bertahan hidup. Apakah usaha Hercules untuk melatih para prajurit tersebut membuahkan hasil di dalam perang yang sesungguhnya dengan Rheseus? Apakah masalah konflik perang akan selesai begitu saja? Dan yang terpenting, apakah legenda dan kisah-kisah dari Hercules itu sendiri benar adanya?

Klise, Singkat dan Penuh Aksi

The-Rock-as-Hercules-Movie-Still

Film ini memiliki alur yang maju dan nyaris tidak melenceng dari topik utama yang hendak disajikan. Karenanya, alur cerita mungkin akan terlihat cukup klise dengan penyajian durasi film yang cenderung pendek dibandingkan dengan mayoritas film yang lainnya, sehingga membuat film ini kurang mengeksplorasi beberapa bagian terutama pada bagian pendalaman setiap karakternya karena fokus karakternya cenderung kuat mengarah kepada Hercules seorang. Walau terkesan klise, kurang eksplorasi dan berdurasi singkat, film “Hercules” masih dapat dinikmati secara umum, terutama pada bagian aksi baku hantamnya maupun pada adegan perangnya.

hercules-movie-2014-ian-mcshane

Salah satu hal yang menarik dari film “Hercules” ini adalah bagaimana tim pengembang film memposisikan tokoh Hercules sebagai seorang prajurit terkuat yang memiliki berbagai kemampuan hebat karena merupakan seorang setengah dewa, tetapi sesungguhnya hal tersebut sebagian besar hanya berupa mitos belaka. Hercules di sini terlihat lebih manusiawi, tidak memiliki kemampuan yang sangat hebat seperti seorang setengah dewa. Walau begitu, plot twist ini merupakan salah satu hal menarik yang bisa Anda dapatkan dari film “Hercules” tersebut.

Jika hendak dikatakan sebagai film yang bagus atau tidak, semua hal ini lagi-lagi akan kembali kepada selera film serta pendapat Anda masing-masing. Namun, untuk Anda yang ingin melihat sudut pandang lain dari kisah mitologi klasik Hercules yang sedikit berbeda, film “Hercules” ini bisa menjadi pilihan film yang tepat untuk Anda.

dwayne-johnson-as-hercules

Tanggal rilis: 2 September 2014 (Indonesia)
Genre: Action
Durasi: 98 menit
Sutradara: Brett Ratner
Pemain: Dwayne Johnson, Ian McShane, Rufus Sewell, Joseph Fiennes, Peter Mullan, John Hurt
Studio: Paramount Pictures, MGM

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES