in: Movies | September 13, 2014 | by: Friska Suryawinata

Review Film Rurouni Kenshin: Kyoto Inferno – Film Hasil Adaptasi Terbaik!

rurouni-kenshin-kyoto-taika-hen-poster-2

Sebagian dari Anda mungkin mengenal judul “Rurouni Kenshin” sebagai “Samurai X”, di mana salah satu saluran televisi lokal di Tanah Air sempat menayangkan film kartun yang bertemakan samurai di zaman Edo tersebut. Selang beberapa tahun lamanya, serial “Rurouni Kenshin” yang memulai debutnya dari komik tersebut kini telah tayang sebagai versi live action untuk layar lebar. Film pertamanya yang bertajuk sama tayang pada tahun 2012 lalu, dan kini salah satu brand bioskop di Indonesia turut menayangkan film sekuel dari “Rurouni Kenshin” dengan judul “Rurouni Kenshin: Kyoto Taika-hen” atau diterjemahkan sebagai “Rurouni Kenshin: Kyoto Inferno” dalam versi bahasa Inggris.

“Rurouni Kenshin: Kyoto Inferno” ini adalah satu dari dua buah film terpisah yang masih saling terhubung, di mana yang pertama adalah yang telah tayang di Tanah Air sejak tanggal 10 September 2014 kemarin, sementara film kedua yang bertajuk “Rurouni Kenshin: Densetsu no Saigo-hen” direncanakan tayang pada bulan Oktober mendatang di Indonesia. Seperti apakah kisah yang dihadirkan pada “Rurouni Kenshin: Kyoto Inferno” ini?

Ancaman Mulai Menghantui Kyoto

Rurouni_Kenshin-_The_Great_Kyoto_Fire_Arc-0016

Setelah peristiwa yang terjadi di dalam film pertama, kini Kenshin Himura tinggal dengan tenang di kediaman keluarga Kamiya yang juga merupakan sebuah dojo. Namun ketenangannya tersebut terusik ketika dirinya diminta tolong oleh pihak pemerintahan baru Jepang untuk membantu mereka dalam melawan Shishio Makoto, seorang mantan pembunuh bayaran di zaman perang dahulu yang berambisi untuk menggulingkan pemerintahan Jepang.

Rurouni_Kenshin-_The_Great_Kyoto_Fire_Arc-006

Ketika Kenshin tengah memikirkan permintaan tolong tersebut, sebuah peristiwa terjadi dan memantapkan hati Kenshin sang “Hitokiri Battosai” untuk pergi ke Kyoto di mana Shishio berada sekaligus menghentikannya. Walau begitu, mengalahkan Shishio bukanlah hal yang mudah, mengingat ia memiliki sekumpulan ahli pedang yang dijuluki “Juppongatana” beserta ambisi besar lainnya yang tidak hanya untuk sekedar menggulingkan pemerintah semata. Mampukah Kenshin melaksanakan tugas berat tersebut tanpa harus melenceng dari idealisme miliknya untuk tidak membunuh orang lagi?

Salah Satu Film Hasil Adaptasi Komik Jepang Terbaik!

Rurouni_Kenshin-_The_Great_Kyoto_Fire_Arc-0015

Harus diakui bahwa tidak semua film hasil adaptasi dari komik Jepang (manga) mampu memberikan gambaran dan visualisasi yang baik seperti yang didapatkan dari buku aslinya. Namun lain hal dengan film “Rurouni Kenshin: Kyoto Inferno” ini.

Walaupun tidak semua adegan yang ada persis sama seperti yang terdapat di komiknya berhubung keterbatasan waktu dan mungkin berbagai pertimbangan lainnya, tetapi film ini mampu memberikan nuansa serta karakterisasi yang baik berdasarkan apa yang telah hadir di versi komiknya. Film “Rurouni Kenshin: Kyoto Inferno” masih menyuguhkan berbagai kejenakaan maupun keseriusan para karakternya, terlebih lagi para artis yang terlibat di dalam film ini memiliki kemampuan akting yang baik sehingga mampu memberikan penggambaran karakter yang sesuai dengan yang terdapat dalam versi komiknya. Beberapa detil tingkah laku tiap karakter dilakukan dengan apik oleh para artisnya, dengan penampilan serta kostum yang tidak jauh berbeda dengan yang asli pada komiknya. Walau mengikuti perwujudan karakter pada versi asli, setiap karakter yang terdapat di “Rurouni Kenshin: Kyoto Inferno” ini tidak memiliki kesan “maksa” dan malahan terlihat cukup natural seperti layaknya orang biasa.

Rurouni_Kenshin-_The_Great_Kyoto_Fire_Arc_-009

Durasi yang dimiliki oleh “Rurouni Kenshin: Kyoto Inferno” ini tergolong cukup panjang dengan menyajikan beragam drama serta adegan aksi yang porsinya sama sekali tidak sedikit. Jika Anda salah satu yang menantikan seperti apa adegan aksi yang hadir dalam film ini, “Rurouni Kenshin: Kyoto Inferno” menawarkan begitu banyak adegan baku hantam dan pertarungan senjata yang di antaranya cukup sengit dan seru untuk disimak. Sayangnya, terlalu panjang durasi film ini mungkin akan membuat beberapa penonton menjadi bosan karena alurnya yang terlalu panjang. Walau begitu, plot cerita yang diberikan oleh film ini cukup kuat mengingat film pertama ini memang “difungsikan” untuk menjelaskan detil cerita dan pengenalan tokoh yang nantinya akan terhubung secara langsung pada film selanjutnya.

Rurouni_Kenshin-_The_Great_Kyoto_Fire_Arc-0011

Sebagai orang yang pernah menonton versi anime maupun membaca versi komiknya, film “Rurouni Kenshin: Kyoto Inferno” bisa menjadi sebuah “penyegar” yang baik sekaligus menjadi film yang mampu memberikan rasa nostalgia akan serial lama yang cukup populer di masanya tersebut. Namun hal ini mungkin akan kurang terasa bagi mereka yang belum mengenal serial ini sebelumnya, atau minimal pernah menonton film pertamanya. Walau memiliki beberapa kekurangan, film “Rurouni Kenshin: Kyoto Inferno” ini pantas untuk disimak sebagai film Jepang yang dapat dikatakan sebagai salah satu film hasil adaptasi komik yang terbaik!

Rurouni_Kenshin-_The_Great_Kyoto_Fire_Arc-a01

Tanggal rilis: 10 September 2014 (Indonesia)
Genre: Action
Durasi: 139 menit
Sutradara: Keishi Otomo
Pemain: Takeru Satoh, Emi Takei, Munetaka Aoki, Kaito Oyagi, Tatsuya Fujiwara, Ryunosuke Kamiki
Studio: Warner Bros

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES