in: News | September 14, 2014 | by: Ozal

Smartphone Berlayar Besar Kian Diminati

Sejak Samsung merilis flagship Galaxy Note (N7000) perdananya dengan layar 5,3 inci tiga tahun lalu, banyak OEM atau vendor smartphone lainnya ikut menghadirkan smartphone layar besar di atas lima inci atau phablet. Begitu pun juga dengan Apple melalui iPhone 6 Plus. Data terbaru dari Flurry menunjukkan, penjualan phablet saat ini telah melonjak dua kali sejak tahun lalu.

galaxy note 1

Flurry, startup analis aplikasi mobile yang baru saja dibeli Yahoo itu mengatakan, sejauh ini sudah sekitar 18 persen pengguna Android yang sudah menggunakan phablet. Tahun lalu, pengguna phablet baru sampai tujuh persen saja.

Pada saat yang sama, permintaan smartphone dengan ukuran layar sekitar 3,5 – 4,9 inci justru menyusut sebanyak 9 persen. Namun, Flurry belum bisa membuktikan, apakah kehadiran phablet telah merusak pasar tablet kecil berukuran 7 inci, seperti yang dikhawatirkan beberapa perusahaan analis pasar.

Smartphone dengan ukuran layar di atas 5 inci ini dibanderol dengan harga di kisaran US$ 200 – 300 menjadi paling populer di kawasan pasar Asia, termasuk Indonesia. Mereka cenderung menggunakan phablet  tidak untuk komunikasi saja, baik data maupun seluler, melainkan juga untuk menonton film dan bermain game. Terlebih, beberapa jenis phablet masih bisa dimasukkan ke dalam saku celana pengguna.

Ini mungkin bisa menjadi jawaban, banyak vendor mulai menawarkan jajaran smartphone layar besar akhir-akhir ini. Sebagai contoh, Motorola meng-upgrade ukuran layar 4,7 inci Moto X menjadi 5,2 inci. Lalu, Nexus X atau Nexus 5 versi 2014 dikabarkan juga akan hadir dengan layar 5,2 inci. Smartphone flagship dari Samsung, HTC, hingga Apple sekalipun juga melakukan demikian.

Sumber

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES