in: News | September 20, 2014 | by: Ozal

 Tunanetra Sudah Bisa Gunakan Google Drive dan Docs

Raksasa internet Google dilaporkan sudah menambahkan fitur baru dalam bentuk “apps suite” di layanan Drive dan Docs sehingga  memudahkan pengguna yang memiliki keterbatasan penglihatan atau penyandang tunanetra.

google

Fitur ini memiliki kinerja text-to-speech yang lebih baik saat sistem membacakan isi dokumen dan akses menu di Drive dan Docs. Canggihnya lagi, gambar di layanan Google itu bisa dideskripsikan secara verbal agar bisa dipahami pengguna.

Selain itu, baik Docs maupun layanan Sheets dan Slide juga sudah mempunyai kemampuan dalam menerima akses dari keyboard khusus bertombol Braille. Semua perintah keyboard juga juga akan disuarakan oleh sistem pembaca layar (screen reader).

“Dengan dukungan Braille, pengaturan pembaca karakter di layar Anda secara otomatis akan mengikutinya. Braille juga secara signifikan dapat mengurangi lag saat Anda menekan tombol. Dan saat itu juga akan diberi tahu oleh pembaca layar Anda,” tulis Alan Warren, Kepala Engineering Google dalam pernyataan di blog resmi Google.

Adanya dukungan Google terhadap penyandang tunanetra ini juga berkat kritikan yang dilakukan sejumlah pihak. Ini bermula saatLaura Petterson, CIO di University of Michigan pada 2012 silam, mengecam Google. Ia menyayangkan, Google Apps Suite tidak memiliki fitur yang memadai untuk mahasiswa difabel.

Setelah Google menghadirkan dukungan ini, Patterson kemudian mengungkapkan, “perbaikan terbaru dalam Google Drive dan Docs untuk alat bantu pengguna teknologi merupakan langkah kemajuan besar dan contoh komitmen Google dalam membuat produknya  tersedia untuk diakses semua anggota komunitas kami.”

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES