in: News | October 8, 2014 | by: Ozal

ARM Gandeng TSMC Kembangkan Chip 10nm

ARM dilaporkan telah menggandeng TSMC untuk mengembangkan teknologi fabrikasi chip generasi berikutnya, 10 nanometer (nm). Fabrikasi 10nm ini akan diaplikasikan pada prosesor 64-bit ARM berbasis ARMv8-A.

arm

Keduanya akannya membawa teknologi 3D transistor bernama, FinFET ke fabrikasi 10nm. Sebelumnya, mereka juga sudah berhasil mengaplikasikan FinFET pada fabrikasi 16nm yang berbasiskan arsitektur ARM Cortex-57 dan Cortex-A53.

Untuk diketahui, teknologi 3D transistor ini pertama kali diaplikasikan ole Intel pada processor berbasis Intel Ivy Bridge dengan nama Tri-Gate, sehingga membuat chip lebih hemat daya dan bertenaga, serta rendah suhu.

Pengembangan chip 10nm diharapkan kelar pada 2015 mendatang. Sedangkan proses produksi baru dilakukan pada kuartal keempat 2015. Meski begitu, peluncuran perangkat pertama yang menggunakan chip 10nm tidak akan digelar pada awal 2016, namun kemungkinan pada 2017-nya. Sebab, TSMC dan ARM masih harus fokus pada transisi chip 28nm ke 20nm, lalu ke 16nm pada tahun depan.

Umumnya, SoC berbasis arsitektur ARM di perangkat mobile masih mengggunakan proses fabrikasi 28nm. Baru Samsung dan Qualcomm yang sduah merilis chip mobile 20nm mereka di seri Exynos dan Snapdragon terbaru. Sementara di sektor perangkat PC, Intel berencana meluncurkan prosesor Broadwell dengan fabrikasi 14nm pada akhir tahun nanti.

Vendor chip meyakini, teknik produksi chip yang lebih kecil akan membuat efisiensi dayanya jauh lebih besar, tanpa mesti mengorbankan performa chip itu sendiri. Atau malah sebaliknya. Sebagai contoh, prosesor Snapdragon 810 dengan fabrikasi 20nm menawarkan efisiensi 20 persen dan performa 25-55 persen lebih baik dari Snapdragon 805 yang berbasis 28nm.

 

Sumber

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES