in: News | October 13, 2014 | by: Ridwan Fariz

Dengan Internet.org Zuckerberg Inginkan Semua Orang Bisa Menjangkau Internet

Mark Zuckerberg,  founder dan juga CEO dari jejaring sosial terbesar di dunia dengan Facebook-nya, hari ini (13/10) berkesempatan untuk mengunjungi Indonesia. Zuckerberg mengunjungi Indonesia bukan dengan tujuan untuk mempromosikan Facebook, melainkan sebagai salah satu penggagas dari kampanye Internet.org yang memiliki tujuan utama agar semua orang di dunia (2/3 bagian dunia) dapat menikmati akses internet.

zuck
Mark Zuckerberg, memberikan kata sambutan di workshop Internet.org.

Tujuan mulia untuk menghadirkan internet yang dapat dijangkau semua orang ini tentu bukanlah perkara yang mudah, Zuckerberg mengatakan dalam hal ini diperlukan kerjasama dan kolaborasi antara perusahaan telekomunikasi, penyedia konten, penyedia hardware jaringan, dan tentu saja dukungan pemerintah setempat. Zuckerberg sebelum hadir di acara workshop Internet.org ini, pagi tadi sempat bertemu dan berbincang-bincang dengan presiden Indonesia terpilih Joko Widodo, membicarakan mengenai potensi internet yang mampu memberikan dampak positif bagi penduduk Indonesia.

DSCF3811
Workshop internet.org diikuti oleh para top-developer aplikasi di Indonesia.

Workshop Internet.org di Indonesia ini, didukung oleh tiga perusahaan antara lain Facebook, Ericsson, dan XL-Axiata, mengundang top-developer aplikasi di Indonesia untuk memberikan informasi dan wawasan agar aplikasinya dapat digunakan secara optimal untuk kondisi jaringan internet yang terbatas. Facebook sendiri mengklaim jika aplikasinya untuk Android saat ini berhasil melakukan optimalisasi dan efisiensi data hingga 50%.

Facebook menjalin kerja sama dengan Ericsson dan XL Axiata di Indonesia dalam menciptakan metodologi untuk menganalisis, memantau, dan meningkatkan kinerja jaringan dari ujung ke ujung dengan menggunakan simulasi aplikasi Facebook. Dengan metodologi ini, Facebook, Ericsson dan XL Axiata dapat mengindetifikasi masalah-masalah yang menimbulkan kesulitan bagi pengguna dan mengatasi masalah-masalah tersebut di sepanjang rentang jaringan yang ada.

 

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES