in: News | October 14, 2014 | by: Fernando B. Sitorus

Driver Modifikasi Ijinkan Fitur DSR Digunakan di Graphics Card Kepler

Maxwell adalah arsitektur GPU terbaru dari NVIDIA yang masih hangat dibicarakan oleh berbagai kalangan pecinta dunia komputer. Arsitektur baru ini, selain mendukung terciptanya graphics card yang kencang serta irit daya juga mengusung beberapa fitur menarik. Seperti misalnya Dynamic Super Resolution, atau disingkat DSR, yang memungkinkan pengguna mendapatkan kualitas gambar 4K UHD pada layar Full HD biasa.

DSR

Seperti kita ketahui, resolusi 4K UHD umumnya hanya dapat dinikmati di monitor khusus yang telah mendukung resolusi tersebut dan umumnya dijual di harga yang cukup tinggi. Untuk menikmati kualitas 4K UHD di monitor yang tidak terlalu mahal, Anda membutuhkan graphics card berbasis Maxwell, seperti GeForce GTX 970 dan GTX 980. Namun, beberapa hari lalu, ada kabar gembira dari salah satu komunitas online terkait dunia komputer, di mana driver yang telah dimodifikasi ternyata bisa menjalankan DSR di graphics card berbasis arsitektur lama NVIDIA, Kepler!

Dari hasil laporan member komunitas tersebut, banyak yang berhasil menjalankan fitur DSR tersebut di graphics card berbasis Kepler mereka, baik untuk desktop maupun laptop. Bahkan, ada juga yang mengabarkan bahwa mereka berhasil menjalankan fitur tersebut di graphics card Fermi, yang merupakan pendahulu dari Kepler. Beberapa game dilaporkan berjalan dengan lancar dengan fitur DSR diaktifkan di graphics card Kepler dan Fermi.

Perlu diingat bahwa driver ini bukanlah driver resmi dari NVIDIA. Driver hasil modifikasi ini tentunya tidak dijamin bisa digunakan di berbagai graphics card Kepler dan Fermi yang ada di pasaran secara resmi. Oleh karena itu, do it at your own risk. 🙂

 

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES